Slider

Aliong Mus, Sebut Gubernur Tidak Serius Bangun Kab Pulau Taliabu

Ternate-Teropongmalut.com, Bupati Taliabu Aliong Mus, menyebut Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, tak serius membangun Kabupaten Pulau Taliabu. Ketidak seriusan gubernur membangun kabupaten Pulau Taliabu, dapat dilihat dari minimnya alokasi dana dari pemerintah provinsi untuk pembangunan kabupaten pulau taliabu. Demikian dikemukakan bupati pulau taliabu Aliong Mus, usai mengikuti rapat pleno diperluas DPD partai Golkar Provinsi Maluku Utara disertakan dengan fit and proper test bakal calon bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota, yang berlangsung di Hotel Grandafam Selasa (14/01).

kepada awak media Aliong Mus, memaparakan bahwa untuk membangun  daerah baru seperti Kabupaten pulau Taliabu membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk mengubahnya menjadi daerah berkembang.

Menurut Aliong, dalam penyampaian uji kelayakan bakal calon bupati,  Ia masih masih prioritas  program tahun kemarin yang dijalankan itu, yakni infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

“Alhamdulillah tahun ke 4 ini, pendidikan dan kesehatan sudah mencapai 80%  di seluruh desa. Sementara pendidikan sendiri sudah 300 sekolah yang dibangun” ungkapnya.

Meski begitu, selama ini, Aliong Mus, mengaku kecewaan kepada Gubernur K.H. Abdul Ghani Kasuba yang sudah 2 periode berkuasa memimpin Maluku Utara. Namun, perhatian kepada kabupaten pulau taliabu sangat minim. Sebab pada tahun 2019 alokasi anggaran utnuk Kabupaten pulau Taliabu tidak capai Rp 10 Miliar. “sangat menganak tirikan Kabupaten Pulau Taliabu” kata Aliong.

Anggaran pemerintah provinsi Malut senilai Rp 2,7 triliun, dari jumlah itu untuk Kab.Pualau taliabu hanya Rp 8 Miliar. “Ada apa sebenarnya sehingga Gubernur terkesan memilih kasih. Daerah itu juga kan bagian dari pada Provinsi Maluku Utara, sudah seharusnya daerah baru seperti ini lebih di perhatikan oleh provinsi” kata bakal calon bupati Taliabu itu.

Dia mengharapkan pada tahun 2020, ada sedikit perhatian dari pemerintah provinsi. Di akhir wawancara Aliong Mus, menitip pesan kepada rekan-rekan wartawan, apabila ketemu dengan Bapak Gubernur tanyakan ada program apa yang nantinya di prioritaskan ke Kabupaten pulau Taliabu. (KJ/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *