Slider

Babinkam Kayoa Utara Gerakkan literasi

Halsel – TeropongMalut.com, Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid 19) membuat pihak sekolah di wilayah Halmahera Selatan dan Kayoa Utara khususnya, telah menerapkan sistim pembelajaran siswa dari rumah (School From Home).

Mewabahnya Covid-19 ini, menciptakan kondisi yang tidak memungkinkan, sehingga membuat banyak anak sekolah di kampong (Desa) tidak memanfaatkan waktu belajar dengan baik.

Hal inilah yang membuat Babinkamtibmas Kecamatan Kayoa Utara, Kasim Hi Umrah berinisiatif menggerakan buku dari rumah kerumah. Demikian disampaikan Kasim usai melakukan launching layanan Babinkam Batamu di kantor desa Laromabati, kecamatan Kayoa Utara.

Kasim menjelaskan, program yang diberi nama Babinkam Batamu (Bangkitkan Minat Kampong Membaca Melalui Tatap Muka) dilakukan dengan cara mendekatkan buku kepada anak sekolah dengan bertamu dari rumah ke rumah (Door to door). Buku bacaan yang disediakan tidak hanya buku anak-anak namun juga menyedikan bacaan terkait pertanian dan tataboga untuk ibu rumah tangga.

“Karena saat ini anak-anak belajar dirumah maka saya melakukan layanan membaca buku dari rumah ke rumah sekaligus terus membangun silatruahim dengan masyarakat’, Jelas Kasim, dalam rilis yang diterima TeropongMalut.com, Jumat (31/07)

Lebih lanjut, Kasim mengatakan, wilayah yang bakal menjadi sasaran program Babinkam Batamu adalah 7 Desa di Kecamatan Kayoa Utara yakni, Laromabati, Modayama. Ngokomalako, Akesipan, Gayap. dehegila dan Batu atas.

“Untuk mendapatkan bahan bacaan, saya melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba dan memperoleh sumbangan 50 buah buku bacaan” Katanya

Sekedar diketahui, launching layanan Babinkam Batamu dilakukan di kantor Desa Laromabati dan disaksikan langsung Kepala Desa Laromabati Muhammad Dj Saban, Kepala Sekolah SDN laromabati serta sejumlah Mahasiswa. (kJ)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *