BWS Malut Peringati Hari Bakti PUPR ke 76 dengan cara Gelar Baksos di Pantai Toboko Kota Ternate

  • Share

Ternate, Teropong Malut.com
Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara, memperingati hari bakti PUPR ke 76 dengan cara membersihkan pantai dari sampah. Pembersihan sampah dipusatkan di Kelurahan Toboko, Kecamatan Kota Ternate Tengah, Kota Ternate Provinsi Malut.

Kepala Balai Wilayah Sungsi Malut Kalpin Nur kepada Teropong Malut.com. Minggu 28 November di sela-sela Baksos l menjelaskan kegitan bersih-bersih laut dan pantai dari sampah melibatkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Malut, Pemkot Ternate, DLH, TNI, POLRI, LANAL, dan Masyarakat secara umum.

Masayarakat Kota Ternate, kata Kepala BWS Kalpin Nur, diajak untuk membersihkan pantai dari sampah, karena BWS melihat pantai saat ini oleh masyarakat dijadikan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena mungkin masyarakat belum sadar terhadap pentingnya lingkungan hidup yang bersih.

Tidak hanya pantai, masyarakat lanjut Kalpin Nur, juga menggunakan sungai-sungai yang tak berair alias barangka, sebagai tempat membuang sampah. Akibatnya sampah dari barangka terbuang ke laut pada saat hujan, dan sampah-sampah itu sangat berpengaruh terhadap ekosistem laut dan berdampak buruk bagi kesehatan masyrakat Kota Ternate.

Foto: Wartawan TeropongMalut.com Tamsil Jailan, mewawancarai Kepala BWS Malut Kalpin Nur di sela-sela Baksos. (Foto Wamila)

“Sampa yang kami kumpulkan tadi kurang lebih 70% palstik, padahal sampa palstik ini kan susa larut ke dalam air” katanya.

“Kami menghimbau warga yang tinggal di pesisir pantai dan pinggiran kali (berangka) agar tidak membuang sampa semberangan,” harapnya.

“Kegitan ini bukan saja bersifat seremonial, kami BWS akan jadikan prioritas kami untuk memberisikan sampah harapannya adalah untuk mengubah kebiasaan buruk masyarakat Kota Ternate, yang membuang sampa tidak pada tempatnya,” janjinya. (Tamsil/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *