Slider
139 views

Dinas Pertanian Bina Kelompok Wanita Tani Tubo Tanam Sayur di Pekarangan

Ternate-Teropongmalut.com, Kelompok tani Kelurahan Tubo, Kecamatan Kota Ternate Utara, sangat respek (peduli) dengan program Dinas Pertanian Kota Ternate, yakni menanam di pekarangan rumah. Penyuluh Pertanian Rusdi Maruf, kepada teropongmalut.com, menjelaskan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) di kelurahan Tubo terdapat tiga kelompok yaitu kelompok Seruni, Bungenfil dan Bidara.

Kelompok Bungenfil l dipimpin oleh Erna. Erna, menjelaskan bahwa didalam satu kelompok beranggota 25 orang, terbagi 3 kelompok. Kelompok satu Salada 8 anggotanya hanya berkosentrasi pada tanaman Salada, kelompok dua menanam Kangkung anggotanya 8 orang, dan kelompok tiga bertugas Tomat anggotanya 7 orang.

Sayur di pekarangan

Rusdi Maruf juga menjelaskan bahwa pada hari ini Jum’at 16 Oktober kelompok Bidara melakukan penanaman Salada di pekarangan menggunakan Bedeng. Kelompok Bidara baru saja di bentuk KWT dan ini penanaman perdana.

Rudi Maruf menjelaskan KWT Tubo Selain pemanfaatan pekarangan dengan cara membentuk bedeng, dan menggunakan sistem polibag berukuran 10 cm dengan metode vertikultur yang tersusun rapi sesuai dengan kondisi pekarangan rumah.

“Dengan adanya pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayur-sayuran, menurut kami sangat membatu kebutuhan rumah tangga pasca Covid-19” jelas Rusdi.

Atas bimbingan penyuluh dari Dinas Pertanian Kota Ternate, KWT Tubo telah sukses menanam sayur daun hijau dengan metode veltikutur yang sangat baik dan sudah meraup keuntungan yang bisa menunjang pertumbuhan ekonomi dalam keluarga.

“Dinas Pertanian Kota Ternate tetap memberikan suport berupa bibit, pupuk serta fasilitas penunjang pertanian lainnya selama petani-petani yang ada di kota Ternate bersedia menanam” pungkas Rusdi. (sul/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *