Slider
272 views

Dinas Pertanian Kota Ternate Dapat Bantuan Tiga Unit UPPO untuk Pertanian Kota Ternate

Ternate-Teropongmalut.com, Sekretaris Tim Teknis Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kota Ternate, Abdullah Quiliem, SP. Selaku Kasie Hortikultura bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, menjelaskan pihaknya mendapatkan tiga unit UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) merupakan sarana penunjang pertanian kota Ternate. Demikian dijelaskan Abdullah Quiliem, kepada wartawan di Kota Ternate Senin (26/10).

Kementrian Pertanian lanjut Abdullah menilai pertanian kota Ternate lebih cenderung kegiatan penanaman holtikultura, sehingga dinilai sesuai kebutuhan teknis kebutuhan petani menggunakan pupuk organik.

“Tahun 2020 Kementrian Pertanian memberikan tiga kegiatan pembangunan UPPO di Kota Ternate antara lain Kelurahan Loto, Takome dan Kelurahan Dorarisa Kecamatan Hiri. Adapun poin-poin UPPO yang harus dilakukan antara lain rumah kompos, kandang komunal dan sapi 8 ekor, mesin pengolah organik dan viar” jelas Abdullah

“Jadi ada lima item yang sangat dibutuhkan akan tetapi sapi lebih urgen karena air kencing dan kotoran sapi sangat bermanfaat untuk menunjang produksi pupuk organik. Pembangunan tiga unit UPPO dengan nilai masing-masing 200 juta rupiah, nilai ini diberikan langsung kepada kelompok Tani lewat rekening kelompok tani” tegas Abdullah

Foto: Bangunan Pupuk Kompos

Selanjutnya sistem pekerjaan suakelola, Sistem pembayaran dua tahap, tahap pertama 70 persen dan tahap kedua 30 persen. Tranfer tahap pertama 70 persen pada bulan Oktober 2020 dan sampai saat ini progres sudah mencapai kurang lebih 75 persen.

“Keinginan pemerintah kedepan lebih mengarah kepada tanaman organik sehingga langkah-langkah strategi itulah di ambil, di bangun sarana penunjang yang berhubungan dengan organik” kembali Abdullah menegaskan

Kata Abdullah saat ini di kota Ternate banyak petani yang berkolaborasi dengan pupuk organik dan kimia karena pengetahuan akan organik secara kolektifitas masih kurang. Petani rata-rata berekonomi rendah kebawa.

Petani lebih senang menggunakan pupuk organik karena usia panen tanaman bisah lebih lama dari pupuk kimia. Kekurangan pupuk kimia dia bisa mengikis unsur hara tanah menjadi habis sehingga solusinya adalah memperbanyak pupuk organik sehingga bisa memperbaiki struktur tanah.

Harapannya UPPO menjadi sarana penunjang pertanian pertama di kota Ternate sehingga menurut dinas pertanian ini merupakan salah satu barometer untuk kegiatan UPPO kedepan karena saat ini kota Ternate petani lebih menggunakan pupuk organik. (Sul/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *