Slider

DPRD Apresiasi dan Bangga Prestasi Pemkab Halteng

Halteng TM.com – Rapat Paripurna Ke II masa persidangan ke II tahun 2019 dengan agenda Penyampaian Ranperda Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 oleh Kepala Daerah yang dibuka oleh Wakil Ketua I DPRD Halteng Fahris Abdullah.

Paripurna berlangsung di ruang sidang DPRD Halteng di jalan Trikora Bukit Loiteglas Desa Were Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah sekaligus dihadiri oleh Bupati Halteng Drs Edi Langkara MH, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Halteng, Lulu Marluki, S.H, Danramil 1505-02/Weda Kapten Inf Andi Purwanto, Kepala Rumah Tahanan Weda Suprianto S.IP, Sekretaris Daerah Halteng Saiful Samad, Asisten I Drs Rustam, Asisten II Basri Batutu, Asisten III Said M Yastaf, Staf Ahli Muh Ridho Saleh, Staf Ahli Samsul Bahri, Staf Ahli M Rijal, Para Pimpinan SKPD, Para Anggota Dewan, Para Tamu Undangan kurang lebih 65 orang.

Rapat paripurna yang dibuka Wakil Ketua I DPRD Halteng dihadiri oleh 13 orang anggota dari 20 orang anggota sehingga dan telah mencapai kuorum. Pada pidato pembukaan Ketua Sidang memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah karena telah mencetak prestasi membanggakan dalam sejarah pemerintah daerah dengan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Periksa Keuangan (BPK) Maluku Utara sehingga dianggap telah berhasil menjalankan prinsip akuntabilitas.

Apresiasi juga disampaikan terhadap komitmen pemerintah dalam pembangunan sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat seperti Puskesmas keliling, bantuan permodalan, bantuan studi perguruan tinggi, pembangunan infrastruktur listrik dan air bersih.

Bupati dalam pidatonya menyampaikan bahwa pelaksanaan APBD tahun 2018 telah diaudit oleh BPK Maluku Utara dan telah merubah opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) pada tahun sebelumnya menjadi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Adapunlaporan pertanggung jawaban APBD adalah Pendapatan Daerah pada tahun 2018 ditargetkan sebesar kurang lebih 681 Milyar Rupiah dan terealisasi sebesar 700 Milyar Rupiah, dengan rincian Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah serta pendapatan lain yang sah.
Pendapatan Transfer yang bersumber dari transfer Pemerintah Pusat (Dana Perimbangan Pemerintah Pusat) dan Transfer Pemerintah Provinsi.

Dana hibah dalam belanja daerah pada tahun 2018 ditargetkan sebesar kurang lebih 866 Milyar Rupiah dan terealisasi sebesar kurang lebih 683 Milyar Rupiah, dengan rincian Belanja operasional ditargetkan sebesar 512 Milyar Rupiah dan terealisasi sebesar kurang lebih, 430 Milyar Rupiah terdiri dr belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hibah, belanja modal, seperti belanja tanah, belanja modal peralatan dan mesin, belanja modal gedung dan bangunan, jalan, irigasi dan jaringan, belanja aset tetap, dan belanja tak terduga.

Belanja transfer Pembiayaan Daerah
Penerimaan melalui pembiayaan pada tahun 2018 ditargetkan sebesar 800 Milyar dan terealisasi sebesar kurang lebih 700 Milyar Rupiah.
Adapun pengeluaran pembiayaan daerah yang ditargetkan kurang lebih 12 Milyar Rupiah tidak terealisasi.

Bahwa dilaporkan sisa lebih penggunaan APBD Kab. Halmahera Tengah tahun 2018 sebesar kurang lebih 12 Milyar Rupiah.

Acara dilanjutkan dengan serah terima laporan penggunaan anggaran antara Bupati Halteng dengan Wakil Ketua I DPRD Halteng untuk kemudian ditelaah dan dikaji lebih lanjut. (Ode)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *