Slider
982 views

DPRD Provinsi Malut Tidak Tahu Jumlah Hasil Tambang Emas dan Nikel Tiap Tahun

Sofifi-Teropongmalut.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara mengaku tidak mengetahui jumlah hasil tambang yang dihasilkan oleh perusahaan tambang yang beroperasi di provinsi kepulauan ini, baik tambang emas maupun tambang nikel.

“Pertambangan ini sangat kacau karena walaupun royalti sudah naik, tapi kelihatannya menyumbang ke pemerintah daerah sangat tidak ada gitu. Kita sayangkan juga pertambangan yang begitu luar biasa memperoleh profit setiap tahun, tetapi ada satu catatan penting tong DPRD juga tidak pernah tahu berapa sih kandungan yang diproduk masing-masing perusahaan tambang itu” demikian dijelaskan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Wahda Z Imam, kepada wartawan usai rapat paripurna penyampaian hasil reses di Gedung DPRD Provinsi Maluku Utara di Sofifi Senin (19/10).

Wahda menyebut Emas yang dihasilkan perusahaan tambang Nusa Halmahera Mineral (NHM) misalnya produk Emas yang dihasilkan berapa setiap tahun juga tidak diketahui. “NHM berapa emas yang dihasilkan setiap tahunnya hasil yang diambilnya kita tidak tahu. Padahal dengan itu menghasilkan royalti, jadi royalti itu mereka hitung sendiri, jadi hasilnya berapa ton per tahun kita tidak tahu sampai saat ini, sama semua tambang emas maupun tambang nikel” jelas Wahda.

Untuk mengontrol perusahaan tambang lanjut Wahda diperlukan Perda. “Kita sementara merancang perda untuk mengontrol perusahaan tambang, perusahaan-perusahaan tambang yang tidak fokus lagi dicabut ijinnya jika bandel, soalnya kewajibannya banyak sekali kepada negara” jelas Wahda. ( Dar)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *