Dr. Syahril: Pemprov dan Pemda harus Bersinergi, Untuk Membangun Massa Depan Pendidikan di Malut

  • Share

Ternate-Teropong Malut.com, Akademisi Universitas Khairun Ternate (UNKHAIR), Dr.Syahril Muhammad, meminta Pemprov Malut dan Kabupaten/Kota untuk bersinergi membangun sektor pendidikan di Provinsi Maluku Utara. Imbauan itu disampaikan Dr Syahril Muhammad, kepada TeropongMalut.com di Kantor PPG FKIP UNKHAIR Ternate pada Rabu (13/10).

Dr.Syahril Muhammad menjelaskan Kampus merupakan lembaga atau institusi strategis yang mendorong kebangkitan sumber daya manusia (SDM) di massa depan. Untuk itu Pemprov Malut dan Pemda kabupaten/kota suda saatnya menjalin kerja sama dengan Perguruan tinggi (Kampus) yang ada di Maluku utara)

“Perguruan-perguruan tinggi yang ada ini didalamnya suda ada Profesor dan Dr, itu berarti SDM yang suda cukup untuk mendorong membantu meningkatkan gerakan peningkatan SDM di Malut,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu. Dr Syahril memaparkan suda seharusnya Kampus-Kampus di Malut misalnya Unkhair, IAIN Ternate, Muhamadiah, STKIP, UNIPAS dan ada beberapa Kampus di Halmahera memiliki sumber daya manusia yang cukup handal.

” jadi seluruh dosen dan civitas Akademika, setiap Universitas ini merupakan modal Pembangunan Daerah, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dalam bidang Pendidikan,” jelasnya.

Saat ini Rektor Unkhair suda melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota tinggal seberapa besar komitmen bersama dengan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama pecahkan problem Pendidikan di Daerah.

“Dengan cara demikian sesunggunya Malut, akan berkembang kalau kita sama-sama berada pada satu barisan yang sama dengan Pemprov dan Pemda kabupaten/kota,” ajaknya.

Masa depan akan tercipta SDM khusunya di Pendidikan di Malut, kita tau bahwa di Malut memeliki Daerah kepulauan oleh karena itu, sebagai Ketua Pendidikan Profesi Guru Malut kata Dr. Syahril, serta akademisi Unkhair memberikan sumbangsih pemikiran kepada Pemprov dan Pemkot/pemkab.

Kita perlu memperkuat wilayah-wilayah pinggiran di Malut lanjut Dr Syahril, karna wilayah pinggiran ini juga perluh diakomodasi dengan kebijakan-kebijakan yang menyentuh pendidikan, karena ketika wilayah-wilayah pinggiran ini orang enggan masuk ke sana guru-guru juga demikan.

“Maka konsep kita membangun pinggiran memperkuat regulasi dan kebijakan-kebijakan yang tepat dalam rangka, meningkatkan mutu pendidikan di Malut. Kami di FKIP UNKHAIR khususnya di PPG ada harapan besar di Pemprov maupun Pemrintah kabupaten/Kota, marilah kita dorong dan kita partisipasi manfaatkan dan menggunakan Dana (DAU), untuk sektor Pendidikan demi meningkatkan sumber daya gurunya,” harapnya.

“Selama ini Pemda tidak menjalankan Perda yang berkaitan dengan peningkatan mutu Pendidikan di Daerah untuk kita memanfatkan Dana DAU dan DAK selama ini,” kesalnya. (Tamsil/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *