Slider
19 views

Dua Asrama Mahasiswa Haltim di Ternate Ditempati Orang Yang Sudah Berkeluarga

TERNATE-Teropongmalut.com, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur diminta oleh mahasiswa asal Haltim untuk menertibkan pemanfaatan asrama mahasiswa yang berada di Kota Ternate. Sebab, berdasarkan penelusuran mahasiswa Haltim menemukan Asrama mahasiswa Haltim di Kota Ternate yang seharusnya ditempati oleh mahasiswa ternyata ditempati oleh orang yang telah berkeluarga. Dan anehnya orang yang menempati asrama-asrama mahasiswa Haltim itu adalah warga asal Gorontalo. Demikian dijelaskan Ketua Bidang (Kabid) Kesekretariatan SEOPMI Haltim Risman Ciliu, kepada teropongmalut.com Minggu (26/01).

Padahal asrama mahasiswa itu merupakan asset Pemkab Haltim yakni Asrama Mahasiswa Halmahera Timur (HALTIM) di wilayah Ternate Selatan Kelurahan Sasa dan Jambula, termasuk satu Asrama yang di beli oleh Pemda Haltim di Wilayah Ternate Tengah dibeli oleh Bupati Haltim waktu itu Welhemus Tahalele, pada tahun 2006 dan terealisasi pada tahun 2009.

Dari ke 3 (tiga) Asrama Haltim yang berkedudukan di wilayah administratif yang berbeda ini, ternyata ada dua Asrama, ditempati oleh bukan orang Haltim Yakni, Asrama Haltim yang berkedudukan di Kelurahan Jambula, Ternate Selatan dengan kapasitas 42 jumlah kamar, dengan fasilitas 1 bangunan musholah, Perpustakaan, dan lapangan  Batminton.

Sedangkan Asrama Haltim Putri yang berkedudukan di Kelurahan Takoma Ternate Tengah, dengan Fasilitas tidur yang lengkap beserta prasarana alat dapur.

Ketua Bidang (Kabid) Kesekretariatan Risman Ciliu, menyampaikan bahwa dua Asrama yang seharusnya menjadi wadah penunjang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang  seharusnya di huni dan di tempati  oleh Mahasiswa sebagai langkah memudahkan menjalin tali silaturahmi serta wadah pengembangan keilmuan, sudah tentu nantinya menjadi ladang pengontrol kebijakan Pembangunan Daerah justru malah sebaliknya.

“Bahkan Aset Pemda Haltim dijadikan sebagai sekretariat Mahasiswa dari Orgnisasi Peguyuban Kabupaten Lain. Mirisnya, Asrama itu telah di huni Oleh mereka yang tidak memiliki wewenang sudah selama 7 tahun, semenjak di tahun 2013 sampai saat ini thn 2020” kata Risman.

Lanjutnya, saya selaku Pengurus SEOPMI Haltim di Bidang Kesekretariatan mengecam keras mengenai kinerja Pemerintah Halmahera Timur dalam hal ini tidak ada tindakan yang efektif untuk mengawal Aset Pemda yang sudah pasti Menjadi salah satu pemberdayaan dalam bidang pembangunan Haltim kedepan. ucap Risman.

Risman juga mengatakan, bahwa kinerja tidak efektif juga di perlihatkan oleh pihak Pemda Haltim dalam hal ini Kabag Aset selaku penanggung jawab untuk melakukan pengamanan bukti Administratif menangani segalah Aset Pemda di luar Halmahera Timur yang berstatus Asrama Mahasiswa Haltim (Kota Ternate) yang kemudian di prioritaskan untuk  Putri di Jurusan Fakultas Kesehatan (Poltekkes) yang berada di wilayah Administratif Ternate Tengah Kelurahan TAKOMA Ternyata tidak terlampir dalam sistem Kabag Aset.

“Padahal kami telah membangun komunikasi dengan pihak terkait, yakni Pemda Haltim untuk segera menyelesaikan Status dan kejelasan Aset terkait tetapi sampai saat ini tidak adanya langkah serta sikap yang kemudian di bijaki oleh pemda haltim” pungkas Risman (fay/red).




2 thoughts on “Dua Asrama Mahasiswa Haltim di Ternate Ditempati Orang Yang Sudah Berkeluarga

  1. Takbir tomagola

    Ass pak idhar,,,saya dari kantor pos Bastiong,,,ada 1 documen buat TeropongMalut tapi pengantar saya antar ke alamat yg tertera,,,tapi TDK ada yg kenal,,,,,,bisa BPK ambil di kantor pos Bastiong?

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *