Dua Kekuatan Besar Dukung Festival Doe-Doe Guraping

  • Share

Tidore-TeropongMalut.com, Pada acara penutupan Festival doe-doe 2021, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, SE mengingatkan bahwa event Festival merupakan momentum membangkitkan budaya, dan mempertahankan kearifan lokal sekaligus mempromosikan Pariwisata yang dimiliki Kota Tidore Kepulauan. Demikian dijelaskan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Senen, pada Minggu, 02 Januari 2022.

“Atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan saya mengapresiasi inisiatif panitia pelaksana, suksesnya perhelatan festival doe-doe Guraping ke-2 tahun 2021,” kata Wawali Mengawali sambutanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi wisata pantai doe-doe guraping ini lanjut Muhammad Senen, diharapkan menjadi salah satu media untuk membangkitkan budaya yang kita miliki sekaligus sebagai momen mempromosikan kegiatan pariwisata di daerah ini.

Oleh karenanya, dalam seremoni penutupan Festival Doe-doe Guraping ke-2 tahun 2021 yang digelar pada Jum’at, 31 Desember 2021, Wawali Tikep mengajak masyarakat Guraping untuk bangga sekaligus menjaga budaya dan tradisi leluhur, serta tetap jalin kerjasama dengan pemerintah Kelurahan agar tercipta rasa kebersamaan dan semangat kerja yang baik.

“Saya berharap festival doe-doe ini dapat menjadi agenda rutin tiap tahun dan tidak hanya menjadi acara seremoni belaka akan tetapi selesai ini, kegiatan tetap berlanjut karena tujuan dari kegiatan ini untuk menambah pendapatan masyarakat dan putaran ekonomi kelurahan Guraping maupun Oba Utara pada umumnya, karena dapat menjadi wadah menampung dan mendorong kreatifitas generasi muda untuk maju bersama mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kota Tidore Kepulauan,” jelasnya.

Diakhir sambutan, Wawali menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panitia Penyelenggara bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Guraping dalam menyelanggarakan kegiatan ini, tak lupa pula ucapan terima kasih kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan masyarakat Guraping yang telah menjadi mitra Pemerintah yang turut mendukung dan bekerja dari proses pelaksanaan kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat menciptakan rasa kekeluargaan dan kebersamaan di daerah ini.

Festival doe-doe Guraping bertajuk “Kampung Budaya berbasis Wisata” yang diselenggarakan oleh Panitia bersama masyarakat Kelurahan Guraping akhirnya sukses dihelat. Berbagai rangkaian acara dalam Perhelatan event ini resmi ditutup oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara diwakilkan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara dilanjutkan pembagian hadiah para pemenang lomba.

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara Syamsuddin Abdul Kadir, membacakan sambutan Gubernur Provinsi Maluku Utara, “kami mengapresiasi pelaksanaan Festival yang ke-2 begitu luar biasa dan terima kasih kepada Panitia dan Masyarakat Guraping atas kesuksesannya dalam menghelat festival doe-doe ke-2 tahun 2021, tentunya dinilai sangat luar biasa untuk sebuah event kampung apalagi yang dilaksanakan di tempat yang baru ini, dan terima kasih juga kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan khususnya masyarakat guraping dan panitia festival doe-doe tahun 2021 yang telah menghadirkan refleksi kebudayaan nenek moyang kita selama berjalannya kegiatan,” Ucapnya.

Sekedar mengingatkan, kata Syamsuddin, kita pernah punya festival terbaik se-Indonesia yaitu festival Teluk Jailolo pada tahun 2017, kemudian kita berulang kali masuk “kalender of event”, syarat dari sebuah festival yang dimasukan dalam kalender of event yakni dilaksanakan secara mandiri 3 kali untuk mengukur kosistensi dari pelaksanaannya, karena kadang kala baru dilaksanakan 1 kali tetapi bagus kemudian diusulkan pada Kementrian Pariwisata dan dimasukan ke kalender of event, tapi ternyata kegiatan berikut vakum, itu yang perlu dihindari.

“Tapi kalau saya melihat Festival doe-doe ini sekalipun baru dilaksanakan 2 kali, tetapi semangat yang ditunjukan oleh Wakil Walikota dan Panitia beserta masyarakat yang luar biasa ini, saya yakin bahwa ini akan mulus, tinggal bagimana Kadis Pariwisata Provinsi Malut yang meyakini mereka, yang terpenting kita harus yakin mampu menjaga konsistensinya, harus yakin dan percaya harus tetap bersatu seperti saat ini,” tambah dia sebelum mengakhiri sambutan. (Eno/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *