Slider

Empat Kelompok Ibu Rumah Tangga Pengolahan Garampati (Abon)

Halteng TM.com – Plt Kepala Dinas Perikanan Pemkab Halteng, Nurlela Samad Kamis, (05/09/2019) pagi tadi diruang kerjanya kepada reporter mengemukakan bahwa pihaknya saat ini membentuk empat kelompok pengolahan garampati (Abon) dari jenis ikan Tuna dan Cakalang Strep.

Garampati (Abon) ikan merupakan produk olahan yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat dan umumya bahan baku yang digunakan adalah ikan. Pembuatan abon ikan menjadi salah satu alternatif guna meningkatkan SDM kelompok dari Ibu Rumah Tangga (IRT) sekaligus membantu kekurangan rumah tangga.

FOTO : Kegiatan Kelompok Ibu Rumah Tangga Pengolahan Garampati (Abon)

Sebelum di bentuk kelompok ini pihaknya melalui satu kordinator dan tiga anggota penyuluhan kelapangan dan alhamdulillah mendapat respon dari Ibu Rumah Tangga (IRT) sehingga terbentuklah empat kelompok diantaranya kelompok Bersaudara sebanyak 10 orang, Bunga Mawar 8 orang, Falcilno 7 orang dan kelompok Mandiri 10 orang,” akunya.

Kabupaten Halmahera Tengah dikenal dengan Kabupaten yang memiliki potensi sumberdaya perikanan laut yang melimpah. Olehnya itu, akan dikembangkan bakat puluhan IRT untuk usaha pengolahan garampati (Abon) dari jenis ikan tuna dan ikan cakalang strep,” tandasnya.

Keempat kelompok tersebut bakal melakukan usaha pengolahan garampati atau lebih dikenal lagi dengan sebutan abon. Dengan prospek produk garampati (abon) yang bahan baku ikan tuna dan ikan cakalang strep ini akan diproduksi secara optimal oleh Ibu Rumah Tangga (IRT) yang terbagi empat kelompok di Kabupaten Halmahera Tengah khususnya Kecamatan Weda guna dapat dipasarkan seperti kerupuk,” tuturnya.

Karena berdasarkan data Dinas Perikanan Kabupaten Halmahera Tengah merupakan hasil tangkapan ikan tuna dan cakalang strep sangat banyak,” terangnya.

Kadis juga mengaku bahwa saat ini empat kelompom sudah memposes pengolahan garampati (abon) ikan yang dibuat oleh masing-masing kelompok relatif sederhana dan mudah dilakukan. Secara umum, proses produksi garampati ikan mulai dari tahap pengadaan bahan baku ikan sampai tahap pengemasan atau paking dengan kemasan plastik dengan berat 80 gram sampai 100 gram,” akunya. (Ode/Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *