Enam Desa di Sula Bakal Gelar Pilkades

  • Share

SULA-TeropongMalut.com, Demi kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), terus mempersiapkan berbagai macam peralatan yang di butuhkan.

Persiapan tersebut, mulai dari logistik hingga ke proses pengamanan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kabag Pemerintahan Kepulauan Sula (Kepsul), Suwandi Hi. Gani, ketika di wawancarai awak media menuturkan bahwa, untuk proses pengamanan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Polres Kepulauan Sula (Kepsul).

“Terkait dengan keamanan, kami tadi sudah ketemu dan berkoordinasi deng pihak kepolisian,” ungkapnya.

Kata Suwandi, sesuai komunikasi dengan Kapolres tadi, ada dua hal yang di bicarakan. “Yang pertama terkait dengan pengamanan tahapan berjalannya Pilkades, yang kedua terkait proses pengawalan logistik pilkades.

Suwandi juga menuturkan bahwa, untuk proses pendistribusian logistik pilkades mulai dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2021 nanti dan itu akan didistribusikan pada Enam desa yang akan melaksanakan pilkades.

“Untuk pengawalan, akan di terapkan 1 TPS dua orang, dari mulai tanggal 22 hingga selesai balik ke Kabupaten”, ucapnya.

Sementara untuk pilkades kali ini, jumlah TPS setiap desa itu bervariasi, Desa Wainib 1 TPS, Desa Fatkauyon 1 TPS, Desa Waisakai 3 TPS, Desa Mangoli 2 TPS, Desa Fat Iba 2 TPS, dan Desa Wai Lau 2 TPS.

Ia juga menegaskan bahwa, fungsi dari panitia kabupaten hanya mengawal serta mengawasi dari mulai tahapan berjalan hingga selesai.

“Saya berharap agar seluruh panitia pilkades terutama di tingkat desa harus tetap profesional menjalankan tugas, terutama harus bisa menciptakan kondisi yang kondusif, aman, tentram untuk menju Sula Bahagiah,” pungkasnya. (Fai/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *