Hadapi Tantangan Zaman, HMI Komisariat Sastra dan Budaya UNKHAIR Gelar Lokakarya Perkaderan

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Kompetisi dan kontestasi dalam panggung perkaderan organisasi semakin hari semakin ketat yang ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi mahasiswa Islam baru dan organisasi non ideologis lainnya.

Realitas ini semakin menggerus potensi kader dan adanya kecenderungan meminimalkan peran HMI sebagai organisasi mahasiswa Islam pertama dan tertua di Indonesia yang mapan secara ideologi dan struktur. Kata Ketua HMI Komisariat Sastra dan Budaya UNKHAIR, M. Nasir Hi Yusuf, kepada Teropongmalut.com via WhatsApp Rabu 12 Januari 2022.

Perubahan yang cepat dan luas dalam era revolusi industri 4.0 lanjut M. Nasir, sangat berdampak pada seluruh lini kehidupan termasuk organisasi mengalami disrupsi atau gangguan terhadap kemapanan.

Perubahan-perubahan yang masif dari turunan revolusi industry 4.0 seperti Internet of Things (IoT), Big Data, Argumenteted Reality, Artificial Intelligence, Addictive Manufacturing, Simulation, System Integration, dan Cloud Computing menjadi tantangan secara kelembagaan organisasi untuk kreatif beradapatasi.

Untuk menjawab tantangan perubahan yang cepat, maka dimensi perkaderan HMI harus lebih gesit memanfaat peluang dengan melakukan penguatan kapasitas sumber daya manusia kaders melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

Dengan demikian Indicator kemajuan organisasi di era revolusi industri 4.0 adalah terciptanya sumber daya manusia yang memiliki ahlak yang baik, etos kerja yang tinggi, jiwa interpreneurship, serta kompetensi teknologi dan non teknologi.

Adapun Tema dan Tujuan Kegiatan adalah “Perkaderan HMI di Era Revolusi Industri 4.0” dengan tujuan sebagai berikut:
Menyusun dokumen perkaderan yang relevan dengan perkembangan revolusi industri 4.0.
Menata dan mewujudkan system administrasi dan manajemen perkaderan yang modern dan professional untuk mempertegas fungsi HMI.

Pelaksanaan kegiatan Lokakarya Perkaderan HMI Komisariat Sastra Dan Budaya UNKHAIR Ternate diselenggarakan pada tanggal 08 Januari 2022 bertempat di Aula Prof. Lafran Pane Sekretariat Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Provinsi Maluku Utara.

Peserta Lokakarya HMI Komisariat Sastra Dan Budaya UNKHAIR Ternate adalah;
Pengurus HMI Komisariat Se-Cabang Ternate (Ketua Umum, Ketua-Ketua Bidang, Dan Seluruh Fungsionaris Bidang PPPA;
Pengurus KOHATI HMI Komisariat Se-Cabang Ternate (Ketua Umum dan Ketua-Ketua Bidang).

Foto: Bersama Kader HMI usai kegiatan perkaderan

Adapun jumlah peserta sebanyak 25 orang dengan klasifikasi peserta Komisariat adalah setiap peserta Lokakarya dari komisariat harus memenuhi klasifikasi diantaranya,
Peserta yang diutus oleh setiap Komisariat adalah Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Ketua-Ketua Bidang yang terdaftar dan dibuktikan dengan surat mandat asli yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum serta dibubuhi tanda tangan dan cap/stempel organisasi.

Bagi peserta Lokakarya yang dengan alasan apapun tidak dapat menyerahkan surat mandat asli kepada panitia pelaksana tidak diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan.
Kegiatan dilakukan dalam bentuk:
Ceramah dan diskusi
Simulasi Focus Group Discussion. (Tim/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *