Hadiri Undangan Wisuda di IAIN, Gubernur Malut Ajak Perguruan Tinggi Tingkatkan Mutu Pendidikan

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc pada kamis (30/9) menjadi pembicara pada acara wisuda S1 dan pascasarjana S2 Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate yang dilangsungkan di Aula Babullah STAIN.

Gubernur mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan acara wisuda yang merupakan acara puncak dan proses akhir dan suatu siklus pendidikan yang mana menunjukkan bahwa IAIN Ternate secara terus menerus setiap tahun berhasil menyelenggarakan proses pendidikan dan mencetak sumber daya manusia di bidangnya untuk siap diterjunkan membangun daerah ini. 

Gubernur mengungkapkan bahwa kehidupan modern di era global ini akan semakin kompleks. Masyarakat akan semakin terbuka, tingkat kompetisi akan semakin tajam, tiada ruang dan waktu tanpa kompetisi. Situasi seperti ini yang sedang kita hadapi. Oleh karena itu tingkat kesadaran untuk terus belajar, menambah dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan serta selalu memperbaiki mutu diri, harus melekat dalam diri kita semua.

“saya mengajak kepada seluruh jajaran dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutu, karena pada langkah ke depan, semua lulusan harus mampu berkompetisi dengan tenaga kerja asing lainnya dengan merebut kesempatan baik di dalam maupun di luar negeri,” ungkapnya.

Dirnya berharap, lembaga Pendidikan Tinggi ini terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan yang telah ada, dengan melakukan inovasi tanpa henti, terobosan-terobosan ilmiah yang kelak akan sangat berguna dalam pembangunan Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat wilayah Maluku Utara dalam kerangka otonomi daerah pada khususnya.

Gubernur juga menyampaikan bahwa nanti pada bulan Oktober Maluku Utara akan menjadi tuan rumah STQ Nasional ke 26 yang dilaksanakan di Sofifi.

Orang nomor satu di Malut ini juga berharap adanya partisipasi bersama dalam mendukung pelaksanaan STQN sehingga pelaksanaannya dapat berjalan aman, lancar dan sukses untuk Maluku Utara yang lebih baik.

“saya memohon dukungan untuk mensukseskan iven nasional ini” pintanya.

Sementara itu, Rektor IAIN Ternate Salman Hi. Ahmad dalam sambutannya mengatakan, Wisuda Srajana IAIN Ternate yang ke-9 Tahun Akademik 2021-2022 ini sebanyak 481 orang wisudawati-wisudawan yang dilangsungkan selama 2 hari yaitu tanggal 30 September -1 Oktober 2021.

Dikatakan Salman, dari jumlah tersebut, terdiri dari masing-masing fakultas diantaranya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (177 orang), fakultas Syariah (46 orang), fakultas adab dan dakwah (28 orang), fakultas ekonomi dan bisnis Islam (161 orang) dan program pascasarjana (69 orang).

Menurut Salman, lulusan Program S1 dan Pascasarjana (S2) harus benar-benar siap mengabdikan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Olehnya itu dirinya meminta para alumni dapat menciptakan hal-hal yang positif bagi masyarakat dan bangsa.

“Kami berharap dengan kemampuan dan profesionalisme yang di miliki tidak hanya menjadi pencari kerja, tetapi justru diharapkan menjadi bagian dari masyarakat pencipta lapangan kerja,” harapnya (hms/red).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *