Slider
13 views

Honorarium Pokja Tidak Sesuai Ketentuan, HMI Cabang Ternate Soroti Kinerja KPU Kota Ternate

Ternate-TeropongMalut.com, Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK Nomor : 51/LHP/XIX.TER/12/2019, pada tanggal 20 Desember 2019, menunjukkan bahwa masih terdapat kondisi yang perlu diperbaiki dan mendapatkan perhatian dari KPU Kota Ternate dalam pembayaran honorarium Tim Kelompok Kerja (Pokja), yang di nilai tidak sesuai dengan ketentuan sebesar Rp.97.237.500 (Sembilan Puluh Tujuh Ribu Dua Ratus Tiga Puluh Tujuh Lima Ratus).

Atas dasar temuan itulah, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate, melalui Kepala bidang (Kabid) Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Kepemudaan (PTKP) Gufran Ayub, mengungkapkan, hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK Maluku Utara (Malut), ternyata masih terdapat kelemahan dalam pengelolaan anggaran di KPU Kota Ternate.

“Pembayaran honorarium Tim Kelompok Kerja (Pokja) KPU Kota Ternate pada tahapan Pemilu serentak tahun 2019 kemarin melebihi tarif dan tidak sesuai tahapan yang sudah di atur dalam surat Menteri Keuangan (MENKEU) Nomor 18 Tahun 2016″ Ungkapnya kepada awak media, Minggu (09/20)” Ungkapnya kepada awak media saat di temuinya di warkop Soccer, Minggu, (09/20)

Gufran menegaskan, HMI Cabang Ternate sudah menagntongi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Malut itu, dan ternyata banyak sekali kejanggalalan dan kelemahan-kelemahan kebijakan KPU Kota Ternate dalam proses pengadaan logistik Pemilu serentak 2019 yang tidak sepenuhnya dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Begitu juga dengan pemantauan/monitoring dan evaluasi atas perencanaan, pelaksanaan pengadaan dan pelaksanaan distribusi logistik Pemilu secara periodik juga dilaksanakan KPU Kota Ternate tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Secara kelembagaan, HMI Cabang Ternate sebagai organisasi kemahasiswaan yang berdiri secara independen akan tetap mengawal kasus ini sampai selesai. Kalau memungkinkan untuk dibawa ke ranah hukum, makaHMI Cabang Ternate tetap siap menghadapi itu” Tegasnya. (kj)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *