Slider
62 views

Ingin Bentuk Desa Mandiri, DPMD Malut Minta Dukungan Dana ke Komisi IV

Sofifi-Teropongmalut.com, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Maluku Utara meminta dukungan ke Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Malut untuk meloloskan program mereka pada 2021 yang dianggap prioritas yakni pembentukan desa percontohan sebagai cikal bakal Desa Mandiri di provinsi malut.

“Karena Desa Mandiri di Indonesia ini semua provinsi ada kecuali provinsi malut belum ada” demikian dijelaskan Wakil Ketua DPRD Provinsi Malut Muhammad Abusama, kepada wartawan usai rapat kerja dengan Tiga mitra kerjanya yakni DPMD, Balitbangda dan Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, pada Kamis (22/10).

Abusama mengungkapkan bahwa dalam rapat kerja itu ia, meminta DPMD untuk memprogramkan dari 8 kabupaten dan 1 Kota di Malut minimal masing-masing kabupaten dan kota memiliki satu desa percontohan sebagai cikal bakal Desa Mandiri.

“Untuk menuju ke Desa Mandiri diperlukan program terpadu sistem keroyok dari instansi terkait seperti dinas pertanian harus masuk, dinas perikanan, peternakan harus masuk untuk membantu ekonomi keluarga warga desa, dinas Pangan, dan pariwisata, termasuk Pemberdayaan Perempuan juga masuk mendidik Ibu Rumah Tangga untuk berkreasi home industri, dengan begitu kedepan Desa itu menjadi Desa Mandiri” jelas Muhammad Abusama.

Setelah Desa percontohan menjadi Desa Mandiri, lanjut Abusama maka langkah berikutnya adalah membina Desa yang lain menuju ke Desa percontohan dan desa mandiri berikutnya. ” Desa mana yang ditetapkan sebagai Desa percontohan itu harus ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat, misalnya Desa di Halsel maka Pemkab Halsel yang menerapkan desa mana yang layak ditetapkan sebagai Desa percontohan” pungkas politisi Partai Golkar Muhammad Abusama. (Dar)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *