Slider
8 views

Inspektorat Halbar Akan Telah Penyalahgunaan DD/ADD Desa Akejailolo

Halbar – TeropongMalut.com, Dalam waktu dekat, pihak Inspektorat Halmahera Barat (Halbar) akan melakukan pemanggilan terhadap Kepala Desa (Kades) Kecamatan Ake Jailolo Selatan, Swandi H. Sake, terkait dirinya diduga telah melakukan penyalahgunakan ratusan juta anggaran ADD/DD 2018-219 itu. Demikian disampaikan Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau kepada awak media dalam pesan singkat Watshapnya, Sabtu (09/19)

“Hari senin baru di atur” Singkatnya. Sementara Sekretaris Inspektorat Halbar Husni Mubarak mengatakan, untuk Desa Akejailolo kemarin sudah ada pengaduan ke Inspektorat terkait dengan penyalahgunaan DD/DD itu.

Dirinya menambahkan, tim pemeriksanya akan segera melakukan penelahaan melalui mekanisme sesuai aduan.

“Jadi tim kami sudah berkoodinasi dengan Pembantu II Inspektorat Halbar Mispan Do. Lutfhi, sebagai wilayah pengawasan Jailolo Selatan untuk turun melakukan investigasi di lapangan, dan di pastikan hari Senin akan di sampaikan ke pihak pengaduan” Katanya kepada awak media melalui Telpon Selulernya, Sabtu (09/19).

Ia menegaskan, hal tersebut dilihat hasil dari pemeriksaannya, kalau memang Kades terindikasi melakukan penyalahgunaan DD/ADD, yang sifatnya merugikan negara, tim pemeriksa akan merekomendasikan untuk segera mengembalikan kerugian itu ke kas Desa.

“Ada jangka waktu 60 hari masa pemulihan, kalau tidak Dia (Kades) tindak lanjuti, maka laporannya tetap di serahkan ke APH (Aparat Penegak Hukum) baik itu kepolisian maupun dari Kejaksaan” Tegasnya. (Kj)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *