Kegiatan SPN Polda Malut, Menghadiri Kohesivitas Sosial Di Pulau Tidore

  • Share

Ternate Teropong Malut.com – Kegiatan Kunjungan Kohesivitas Sosial siswa Diktukba SPN Polda Maluku Utara, asal pengiriman Papua di Wilayah Hukum Kota Tidore Kepulauan, Minggu, (24/10/21)

Agenda dimulai dengan kegiatan yang bertempat di Aula Jendral Sudirman Kodim 1505 Tidore Kepulauan (24/10) dengan tema “Melalui kegiatan ajangsana kita wujudkan rasa kebangsaan yang sama dalam bingkai NKRI”

Kegiatan yang bejalan dengan khidmat yang di hadiri lansung Personil SPN Polda Malut, Ka SPN Polda Malut, Kombes Pol. Jafar Sadik Z, M.Si, PS Kasubag Renmin, AKP Sjamsudin Lossen, PS Kabbag Bingadik AKP Ali Ade, SH.

Paur 2 Gadik AKP Ayub Party, IPTU Muhammad Arfan, IPDA Nurdin Wakanubun, Bripka Grace Huwae, Bripka Gozal Setiawan, Bripka Suleman Subarno, Bripda Asraffudin Fabanyo, Bripda Rahmat Rezaldi, Bripda Dimas Hadi.

Bripda Aliyyatur Rahman, Siswa SPN Polda Malut asal Papua yang berjumlah 35 orang, Siswa Asal Polda Maluku Utara sebanyak 40 orang Jumlah keseluruhan 75 orang hal ini di sampikan KA SPN Polda Malut.

Dandim Kodim 1505 Tidore Lektol Inf Bunzamin Jayatri, Pasipers Kapten Inf Andi Purwanto, Staf Kodim 1505 Tidore.

Personil SPN Polda Malut yang di tunjuk sebagai pengasuh/pendamping dalam rangka anjangsana (Kohesi Sosial) di Kota Tidore Kepulauan siswa Diktugba Polres SPN Polda Malut T.A 2021 yang di pimpin langsung oleh KA SPN Polda Malut Kombes Pol. Jafar Sadik Z, M.Si.

Dari penyampaian Ka SPN Kombes Pol. Jafar Sadik Zainal, M.Si. bahwa, Kegiatan anjangsana ini juga diberikan kepada siswa tentang bagaimana memberikan wawasan kebangsaan, kesatuan NKRI kemudian komitmen terhadap kesatuan dan persatuan NKRI kepada siswa.

“Sehingga Kota Tidorelah yang pertama kami melakukan kohesivitas sosial ini, karena di tempat inilah SPN berada, baik di sofifi maupun SPN Gurabati yang akan datang melalui anjangsana, kita wujudkan rasa kebangsaan yang sama” Ucap Ka SPN Jafar.

Foto : Kegiatan di Aula Jendral Sudirman Kodim 1505 Tidore Kepulauan (24/10) dengan tema “Melalui kegiatan ajangsana kita wujudkan rasa kebangsaan yang sama dalam bingkai NKRI”

Di sela-sela kegiatan Dandim Kodim 1505 Tidore menyampaikan Soliditas dan sinergitas TNI-Polri mutlak diperlukan sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Salah satu sinergi dan soliditas itu antara lain TNI-Polri sama-sama menjadi pilar utama dalam menghadapi penanganan pandemi Corona. TNI-Polri gencar melakukan testing hingga program vaksinasi. Pada situasi pandemi COVID-19 saat ini, TNI bersama Polri merupakan salah satu pilar utama, dalam berbagai upaya pengendalian COVID-19 mulai penegakan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)

Penguatan 3T (tracing, testing, dan treatment), maupun akselerasi vaksinasi.

Kegiatan yang di mulai dari pemberian cinderamata dari KA SPN Polda Malut kepada Dandim Kodim 1505 Tidore, serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta para siswa SPN Polda Malut.

Kegiatan langsung bergeser ke Kedaton Kesultanan Tidore untuk mendengar arahan langsung dari yang mulia Sultan Tidore.

Foto : Kegiatan Anjangsana di Kedaton Kesultanan Tidore untuk mendengar arahan langsung dari yang mulia Sultan Tidore Husain Sjah

Kegiatan ini di hadiri oleh tokoh-tokoh Kesultanan tidore yaitu, Sadaha Kie, Bpk Kader. Gimalaha Maliga, Bpk Salim, Jo Hukum Yade, Bpk H.Ismail, Jo Mayor Kotu, Bpk Iskandar Alting, Revelino Letanan Ngofa, Bakri Umar Mote-mote Kesultanan.

Selanjutnya para siswa diijinkan langsung oleh yang mulia Sultan Tidore untuk melihat barang-barang peninggalan sejarah dan cerita-cerita sejarah Tidore dan Papua serta dilanjutkan dengan foto bersama yang mulia Sultan Tidore.

Agenda berakhir dengan kunjungan para siswa menuju ke Kediaman Gubernur pertama Irian Barat Zainal Abidin Syah (5 Agustus 1912 – 4 Juli 1967) adalah Gubernur Irian Barat (sekarang Papua) pertama yang menjabat pada tahun 1956—1961. Yang bertempat di Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Tomagoba, Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *