Slider
121 views

Kadis Pertanian Monitoring Kelompok Tani di Kelurahan Tubo Ternate Utara

Satu Kali Tanam Rica Petani Bisa Raup Omset Rp 160 juta

Ternate-Teropongmalut.com, Kepala dinas pertanian kota Ternate Tamrin Marsaoly melakukan monitoring di wilayah kecamatan kota Ternate Utara dan Ternate Barat bersama dengan kepala bidang kelompok tani binaan pada sabtu 17 Oktober 2020 sekitar pukul 13.15 wit.

Monitoring yang dilakukan Kadis Tamrin Marsaoly diawali di kelompok tani Ake Tubo jalan Ake Tubo kelurahan Tubo kecamatan kota Ternate Utara. Di Tubo, Kadis Pertanian bertemu Hi. Ade Safar ketua kelompok tani Ake Tubo yang merupakan petani rica yang sangat sukses.

“Ini merupakan suatu bentuk keberhasilan pa Hi. Ade sejak beberapa tahun lalu sehingga pengembangan rica dan tomat di Tubo menjadi prioritas” kata Thamrin Marsaoly.

Kadis Pertanian Thamrin Marsaoly Berbincang dengan Petani Rica

Tahun depan lanjut Thamrin, para petani diberi berupa traktor mini, tangky air, mulsa, pupuk, bibit dan kendaraan vair. “Kendaraan roda tiga ini untuk mempermudah distribusi hasil produksi rica dan tomat” jelas Thamrin

“Seperti saya jelaskan beberapa hari lalu hampir 30 persen rica itu dari manado, sisanya dari Ternate dan halmahera akan tetapi kita berupaya menekan pasokan rica dari luar supaya paling tidak 40-50 persen itu dari hasil petani lokal kita. Beberapa titik lagi sekarang di kembangkan kemungkinan sekitar satu dua bulan lagi sudah mulai panen” jelas Kadis Pertanian

Kita berharap lanjut Thamrin supaya para kelompok tani Ake Tubo juga terus di galakan dalam segala macam pengembangan pertanian. “Usaha ini  tujuannya mendapatkan hasil yang maksimal demi meningkatkan Ekonomi di sektor kehidupan petani” jelasnya.

Bisa dibayangkan kata Kadis Pertanian penanaman rica kurang lebih dua bulan lalu sampai hari ini sudah dua kali panen per lima hari sedangkan satu kali tanam rica memiliki usia panen kurang lebih sembilan kali panen ini berarti bahwa satu kali tanam bisa mencapai kurang lebih empat ton jika harga jual di pasar  40 ribu maka capaian satukali penanaman rica bisa mencapai 160 juta rupiah. (sul/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *