Slider
135 views

Kanwil Kemenag Provinsi Malut Belum Dapat Kepastian Ibadah Haji dari Kemenag RI

Ternate-Teropongmalut.com, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara hingga saat ini belum mendapatkan informasi dari Kementerian Agama soal jadwal keberangkatan jamaah haji ke tanah suci Mekkah pada tahun 2021. “Kita sampai saat ini belum ada informasi soal penyelenggaraan haji dari teman-teman Kementerian Agama RI sampai detik ini, apakah ibadah haji tahun ini bisa dilaksanakan atau tidak, sampai saat ini belum ada informasi soal itu” demikian dijelaskan Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji Tamhid Abubakar, S.Ag, kepada wartawan di Kota Ternate Selasa (16/02).

Tamhid Abubakar, menjelaskan saat ini banyak masyarakat yang hampir setiap saat bertanya kepada dirinya apakah sudah ada kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun ini atau belum. Dijawab oleh dirinya bahwa pihaknya masih menunggu informasi soal kepastian ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi melalui Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI.

Jamaah haji Malut saat ini lanjut Tamhid Abubakar, berjumlah 1076 jamaah. “Untuk Visa jamaah haji tidak lagi dibuat di pusat melainkan sudah bisa dibuat di di Malut. Soal Visa keberangkatan jamaah haji kita sudah punya tinggal menunggu kepastian keberangkatan saja” jelas Tamhid.

Soal Kesehatan jamaah haji menurut Tamhid, itu merupakan ranahnya Dinas Kesehatan. “Apakah jamaah haji divaksin atau tidak semua itu menjadi tanggung jawab bagian Kesehatan” jelasnya.

Sedangkan lanjut Tamhid, jika para jamaah haji diwajibkan menjalani karantina maka asrama haji Malut di Kota Ternate bisa menampung jamaah tinggal Pemda kabupaten/menanggung biaya konsumsi saja. Namun demikian semua itu masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi apakah tahun ini membuka layanan jamaah haji atau tidak, jika dibuka jamaah haji asal Malut siap berangkat. (Dar)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *