Kasus Penipuan 86 Jamaah Umroh, Bos Travel Asia Tour Menungu Putusan Pengadilan Tinggi Negeri Ternate

Ternate | Teropongmalut.com, – Pelaku penipuan yang dilakukan Bos Travel Asia Tour dengan inisial AS terhadap 86 orang jamaah umroh yang ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Maluku Utara, kini tinggal menunggu putusan Pengadilan Negeri Ternate. Hal ini dikatakan langsung Dirkrimsus Polda Malut AKBP Alfis Suhaili, S.IK, M.Si kepada Media ini, Selasa (08/10).

Dirkrimsus Polda Malut AKBP Alfis Suhaili, S.IK, M.Si

Pasalnya Pelaku penipuan dengan modus ibadah umroh tersebut akan dijerat dengan UU No 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Pasal 62 UU No 08 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Lebih lanjut Alfis menerangkan, kronologis tersangka dengan inisial AS pada awalnya mengumumkan adanya penyelenggaraan ibadah umroh pada bulan maret 2018 dengan peserta sebanyak 86 orang.

“Dengan adanya informasi itu, para korban pun bergegas mendaftarkan diri untuk mengikuti ibadah umroh di tanah suci yang di janjikan As. Seketika itu pula 86 jamaah haji yang sedang menyelenggarakan ibadah umroh, ternyata mereka diterlantarkan akibat tidak tersediahnya tiket untuk kembali ke Indonesia. Akhirnya merekapun (Korban) mengambil langkah inisiatif sendiri untuk kembali. Kemudian sejak 24 Januari 2019 baru dilaporkan,” katanya.

Alfis juga menuturkan, Kasus ini dilaporkan pada tanggal 24 januari. Untuk besar kerugian yang dialami korban ditaksirkan berkisar Rp. 2 miliar. Sementara korban yang menguti penyelenggaran ibadah umroh bukan saja dari kalangan pegawai maupun pengusaha.

“Dari sekian peserta yang jadi korban bukan masyarakat ekonomi menengah keatas melaikan campuran,” tuturnya. (KJ)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *