Slider

Keliaran Hewan Ternak Sapi di Kota Weda Ancam Keselamatan Pengguna Jalan

Halteng TM.com – Jalan lintasan kota Weda Kabupaten Halmahera Tengah tepat di desa Wedana Kecamatan Weda masih terlihat sekelompok hewan ternak sapi milik warga yang berkeliaran di jalan raya dan mengancam keselamatan pengguna jalan.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Halteng AKP Johanis S Aipipidely SE, kiriman melalui pesan watshappnya Jumat, (06/09/2019) siang tadi. Menurut Kasat Lantas, berkeliaran hewan ternak sapi di jalan raya Kota Weda sudah menjadi pandangan ancaman bagi keselamatan jalan raya.

Selain di area lintasan di desa Wedana, ada juga di jalan lintasan desa Nurweda tepat di kompleks Kantor Dukcapil Pemkab Halteng. Pihaknya telah menerima laporan dari warga sudah kurang lebih lima orang warga yang mengalami kecelakaan akibat menabrak hewan ternak sapi yang berkeliaran di ruas jalan depan Kantor Dukcapil di desa Nurweda,” ujarnya.

Bukan hanya ternak sapi, berkeliaran hewan ternak kambing juga terlihat mengancaman pengguna jalan raya. Hal ini terjadi kata perwira tiga balak ini bahwa warga pemilik ternak sapi tidak memiliki kesadaran. Untuk itu dihimbau kepada warga pemilik ternak sapi untuk dikandangkan atau diikat sekaligus diawasi hewan ternaknya,” pintah perwira tiga balak itu.

Semoga dengan pemberitaan ini bisa menggerakkan Instansi terkait untuk segera berkordinasi dengan para pemilik hewan ternak sapi untuk segera menertibkan seluruh hewan peliharaan mereka minimalnya dikandangkan atau di ikat agar tidak berkeliaran di jalan raya seperti ini dan tidak mengganggu aktivitas pengendara di jalan raya.

“Rugi sekali kalau tabrak sapi lalu meninggal dunia, kasihan keluarga yang menanti anda dirumah. Pihaknya juga sering menemukan sekelompok hewan ternak sapi yang berkeliaran di desa Wairoro Kecamatan Weda Selatan, kalau di Wairoro sampai meninggal dunia pengendara roda duanya.

Atas ketidak sadaran warga pemilik hewan ternak sapi, olehnya itu diharapkan para pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan keselamatan dijalan. Sebab, yang namanya hewan tidak pernah mengenal hukum dan kondisi rambu-rambu lalulintas.

“Meskipun kita tahu bahwa ada aturan terkait hewan ternak di jalan raya tetapi masih sangat sering kita temukan, semoga dengan pemberitaan ini Pemerintah Daerah menerapkan dan melakukan penertiban hewan ternak sapi di jalan agar pengguna jalan raya terhindar dari yang namanya kecelakaan,” pungkasnya. (Ode/Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *