Ketua Umum MSI Lantik Pengurus MSI Cabang Malut

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Provinsi Malut menggelar Pelantikan dan rapat kerja yang di hadiri lansung Ketua Umum MSI Pusat Dr. Agus Mulyana,M. Hum.

Pelantikan itu dirangkaikan dengan diskusi publik dengan Tema: “Memajukan Pengetahuan dan Apresiasi Publik Terhadap Sejarah Lokal” berlangsung Aula Mini Kampus FKIP UNKHAIR, di Kelurahan Akehuda, Ternate Utara Kota Ternate Provinsi Malut pada Senin (29/11).

Ketua MSI Cabang Malut Dr Syahril Muhammad kepada Teropong Malut.com Senin 29 November 2021 disela-sela kegitan menjelaskan kehadiran Ketua Umum MSI untuk melantik MSI Cabang Malut periode 2021-2026.

Masyarakat Sejarawan Indonesia cabang Malut, kata Dr Syhsril adalah untuk membangun jejaring sehinga memperkuat indenitas lokal, karena MSI Malut ini memiliki misi besar menggali kembli sejarah terdahulu.

Misalnya kerajan-kerajan kesultanan Ternate, Tidore, Bacan, loloda dan Jailolo, sehingga mengungkap kejayan-kejayan itu kembali

Kota Ternate adalah Kota kecil tapi banyak benteng.

Atas dasar itu MSI terinspirasi sehinga bergerak dalam riset, untuk menggali kembali sejarah lokal di wilayah Kota maupun daerah pinggiran di Malut.

MSI Cabang Malut memiliki tanggung jawab besar menulis salah satu buku yang berjudul “Terbit Terbenam Matahari di Maluku Utara” kajian peradaban Islam dan kebudayan di Malut.

Yang dimaksud Terbit Matahari secara kearifan lokal kita, di sebut cahaya mangolo, mongolo arinya proses penyinaran matahati terbit dan bagaimana menyambut Nita manili.

masyarakat Malut dengan perilaku nita malilinya manyabut fajar, menyabut siang dengan kinerja yang baik, dan menjadi penopang serta kekutan dalam hidup kita.

Sedangkan terbenam matahari artinya, satu penggolongan masa lalu antara Portugis dan Spanyol yang bercokol di daerah rempah-rempah di Malut. Buku ini sementara diriset berkaitan dengan hari jadi Kepulauan Sula. (Tamsil/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *