Pengacara Terdakwa Zainudin Hamisi, Tak Ajukan Pembelaan

  • Share

Agus Salim: Saya Tidak Ajukan Eksepsi karena alasan Hukum.

Ternate-TeropongMslut.com, Penasehat Hukum (PH) terdakwa korupsi pengadaan kapal Nautika dan alat simulator pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Zainuddin Hamisi, Agus Salim R Tampilang, SH menegaskan ia, memilih untuk tidak mengajukan eksepsi atau pembelaan kepada kliennya karena alasan hukum. Demikian dikemukakan Agus Salim, SH kepada TeropongMalut.com usai pembacaan dakwaan oleh JPU kepada Empat Terdakwa di Pengadilan Tipikor Malut di Kota Ternate Selasa (05/09).

Agus Salim R. Tampilang S.H  selaku pengacaranya Zainuddin Hamizi menjelaskan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum, terhadap empat orang tersangka yaitu tersangka pertama dengan No perkara 16 yaitu Imran Yakub, selaku kuasa pengguna anggaran (KPA).

Kemudian terdakwa kedua dengan No perkara 17 Zainudin Hamisi, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),  tersangka ke tiga dengan No perkara 18 atas nama Reza, selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) dan tersangka ke empat dengan No perkara 19 atas nama Ibrahim Ruray, selaku Direktur PT Tamalanrea Kartasama.

“Setelah pembacaan dakwaan oleh Jaksa penuntut umum selesai langsung di lanjutkan dengan pembacaan nota keberatan atau eksepsi oleh, kuasa hukum dari Reza dan dari Ibrahim Ruray dan Imran Yakub,” kata Agus menjelaskan.

‘Nota keberatannya, atau eksepsinya itu, mereka menolak dakwaan jaksa” Sementara Zainuddin sendiri klainnya saya (Agus Salim), saya tidak mengajukan Eksepsi dengan alasan Hukum,” jelasnya.

Dakwaan yang didakwakan oleh Jaksa penuntut umum, telah memenuhi syarat-syarat Formil. Jadi tidak perlu lagi dibantah, kalau eksepsi itu memang hak terdakwa tapi percuma karna hanya mengulur-ulur waktu untuk sidang,” jelas Agus.

Untuk sidang Jainuddin sendiri di tunda sampai tanggal 2 bulan depan dengan agenda putusan sela, sementara Ibrahim Ruray, agenda berikutnya minggu depan dengan agenda jawaban JPU terhadap eksepsi terdakwa. (Tamsil /red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *