Peringati Hari Bakti PUPR Ke 76, BWS Malut Tanam Pohon di Tikep

  • Share

Tidore,TeropongMalut.com
Balai Wilayah Sungai (BWS) Malut, memperingati Hari Bakti PUPR ke 76 dengan cara menanam bibit pohon di Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan penanaman pohon dipusatkan di Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

Kepala BWS Malut Kalpin Nur kepada sejumlah awak Media, Rabu 1/12/2021, menjelaskan penanaman pohon ini untuk mericas penahanan kualitas air tanah, karena 20% air tanah ke laut dan 80% air tanah tersisa di darat.

“Melalui Hari Bakti PUPR ke 76 ini kami himbau seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait, untuk kita bersama-sama menanam pohon supaya mempertahankan air tanah di Kota Tidore,” jelas Kalpin Nur.

Peringatan Hari Bakti PUPR ke 76 melibatkan Pemrov Malut dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan baik itu Wali Kota Tidore, DLH Tidore, Dinas PUPR Tidore, BPJN Malut  BPPW, PW2JK, dan Balai Penyediaan Perumahan Malut.

Termasuk Camat tidore Utara, Lurah Mareku, TKPSDA WS Halut dan Halsel, Komunitas peduli sungai, HATHI Malut, Universitas Khairun, Universitas Muhammadiya Malut, Universitas Nuku Tidore serta Universitas Bumi Hijrah.

“Bagi saya cara mempertahankan air tanah, kita harus melakukan  penanaman pohon, sehingga mudah kita dapatkan air layak dan baik di konsumsi masyarakat kelurahan Mareku,” jelas Kalpin Nur.

“kami dari BWS Malut merencanakan  5.000 bibit pohon yang ditanam diantaranya pohon mangga, pohon capilong, pohon kelapa dan pohon ketapang. Namun yang tertanam hari ini baru berjumalah 125 pohon,” Kata Kalpin Nur.

Bibit pohon itu ditanam bertahap sehingga baru 125 pohon tertanam. Namun kami akan mengoptimalkan hingga 5.000 pohon bisa terealisasi di Tidore,” janjinya.

“Kami membutukan kerja sama semua pihak, untuk menjaga bibit pohon yang suda tertanam demi menjaga kualitas air tanah,” katanya.

Foto: Bersama

“Tempat ini sangat berkesan kepada saya karena tempat ini Bendera Merah Putih pertama kali berkibar di Indonesia bagian Timur,” katanya.

Sementara itu Assisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Tidore Kepulauan Dr. Muhammad Yasin, menjelaskan kegitan BWS Malut, sangat berdampak positif terhadap Tidore, baik itu keindahan mupun menambah ademnya kota Tikep.

“Kota ini suda 9 kali mendapatkan Adipura, olehnya itu pohon dan lingkungan merupakan dua hal yang penting dalam menunjang kota itu sendiri,” katanya.

“Kami dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan memberikan apresiasi kepada Kepala BWS Malut yang sudah memberikan konstribusi dalam hal penanaman pohon di Kota Tidore Kepulauan,” katanya mengakhiri. (Tamsil/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *