Peringati Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Desak Pemkot Ternate Perbaiki Drainase dan Tangani Sampah

  • Share

Ternate TeropngMalut. com- Sejumlah organisasi kepemudaan dan aktivis di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Kamis 28 Oktober dengan mendatangi Kantor Walikota Ternate, untuk menyampaikan orasi.

Pantauan Teropong Malut.com masa aksi mulai berkumpul ke Kantor Wali Kota Ternate sejak pukul 13.00 – 14:52 WIT. Mereka lalu berorientasi secara bergantian hingga sore.

Namun tiba-tiba terjadi kisruh menyusul salah satu pengunjuk rasa diduga tak sengaja menyentuh papan nama Kantor Wali sehingga menyebabkan huruf K copot dari papan nama kantor wali kota.

Melihat hal itu beberapa anggota Satpol PP langsung mengejar salah seorang dari masa aksi yang tengah berlari, akibatnya suasana menjadi tegang.

Adu mulut dan saling dorong mendorong pun tidak terhindarkan antara ratusan masa aksi dan Satpol PP.

Setelah itu, salah satu petugas Satpol PP mencoba masuk dalam kerumunan  masa Aksi sehingga terjadi saling dorong.

Pada pukul 15: 24 wit aksi saling dorong antara mahasiswa dan anggota polisi kembali terjadi dan akhirnya semua masa aksi berhasil masuk dan naik di atas pagar kantor Walikota Ternate sebagai bentuk selebrasi.

Foto: Sekot Ternate Jusuf Sunya keluar dari ruang kerjanya menemui mahasiswa yang berunjuk rasa. (Tamsil)

Aksi unjuk rasa itu berjalan kurang lebih 4 jam akhirnya berhasil memaksa Sekretaris Daerah Kota Ternate Jusuf Sunya keluar dari ruang kerjanya menemui masa aksi.

Di hadapan para mahasiswa Sekda Jusuf Sunya, mengajak mahasiswa untuk tidak merusak fasilitas publik ketika menyampaikan aspirasi.

“Mahasiswa bukan perusak, untuk itu tunjukkan kepada publik bahwa mahasiswa adalah kaum intelektual yang tercerahkan yang diharapkan mampu mencerahkan masyarakat, sampai aspirasi rakyat secara baik dan benar sehingga aspirasi yang disampaikan dapat didengar oleh para pengambil kebijakan atau keputusan,” ajak Jusuf Sunya.

Adapun tuntutan para mahasiswa untuk perbaikan drainase dan penanganan sampah di Kota Ternate, kata Sekda Pemerintah Kota Ternate dibawah pimpinan M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman, serius menangani dua persoalan itu.

“Hal itu dapat dibuktikan dengan kebijakan percepatan penanganan sampah melalui penyediaan sarana angkutan sampah seperti motor kaisar,” jelas Sekda. (Tamsil/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *