Slider

PERPUSNAS GELAR SOSIALISASI PENGEMBANGAN REVITALISASI PERPUSTAKAAN DI MALUT

Ternate | Teropongmalut.com – Perpustakaan mempunyai peran penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, Perpustakaan nasional (Perpusnas) berinisiatif untuk melakukan program revitalisasi di perpustakaan yang memfokuskan pada penguatan kapasitas transformasi layanan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial di wilayah provinsi, kabupaten dan kota.

Tujuan dari kegiatan ini, lebih menitikberatkan beberapa rencana yaitu, pengembangan kapabilitas perpustakaan melalui transforormasi layanan agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Dedi Kurniadi, dalam pembukaan kegiatan sosilisasi pengembangan program revitalisasi perpustakaan di daerah yang bertempat di Gamalama Ballroom, Hotel Grand Daffam Ternate, Kamis (11/14)

Menurut Dedi, Perpustakan Nasional saat ini, berupaya mendorong perpustakaan menjadi pelopor penggerak literasi untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

“Sosialisasi revitalisasi perpustakaan di daerah merupakan upaya memperluas program dan mendekatkan akses infromasi ke masyarakat dan menjadi pusat bagi masyarakat untuk berkegiatan serta dapat terkoneksi antara satu dengan lainnya, sehingga terjadi proses belajar diantara mereka sebagai dorongan dan kesempatan untuk mencipatkaan inovasi” Katanya.

Lebih lanjut Dedi menambahkan, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan performa individu di perpustakaan, memperkuat sistem dan organisasi perpustakaan yang akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan dan memberi manfaat bagi masyarakat.

“Pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 14 hingga 16 November 2019 dan menghadirkan 50 pengelola perpustakaan umum di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku Utara. Turut hadir dalam kegiatan yakni, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan provinsi Maluku Utara, Rahwan K Suamba dan sejumlah narasumber dari perpustakaan nasional” Tambahnya. (kj)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *