Peserta Diklat PIM III Angkatan 22 Promosikan Pangan Lokal Sagu

Halteng TM.com – Peserta Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan Ketiga (PIM III) Angkatan 22 Pemkab Halteng Mutmaina Ali diminta mempromosikan hasil pangan lokal berbahan sagu yang merupakan makanan pokok warga masyarakat Halmahera Provinsi Maluku Utara.

Acara lomba menu berbahan dasar sagu dilombakan antar desa tersebut bertempat di kantor Camat Weda Rabu, (18/09/2019) kemarin. Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Bappelitbangda Hi Husen Nurdin, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Hajar Adam, Camat Weda Musrifah, Ibu-ibu PKK Kabupaten dan Ibu-ibu Darma Wanita Kabupaten dan tujuh Kepala Desa di Kecamatan Weda serta peserta lomba menu bahan lokal sagu.

FOTO : Pelatihan Kepemimpinan Ketiga (PIM III) Angkatan 22 Pemkab Halteng

Kegiatan itu sebagai upaya mempertahankan lomba menu berbahan lokal sekligus untuk dapat mengetahui dan menemukan menu makanan olahan lokal Kabupaten Halmahera Tengah.

Kaban Bappelitbangda Hi Husen Nurdin dalam sambutannya mengemukakan bahwa penganeragaman pangan dan konsumsi pangan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan guna menghasilkan SDM yang berkualitas dan unggul melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat untuk menjadi lebih beragam, baik untuk jenis pangan, sumber karbohidrat, sumber protein dan juga sumber vitamin dan mineral,” akunya.

Sagu merupakan salah satu pangan sehat sumber karbohidrat lainnya sehingga sagu sebagai kekuatan dan kedaulatan pangan lokal masyarakat Halteng.

“Jadi, harus dikembangkan potensi makanan lokal asli Halteng dalam lomba menu. Hal ini juga tidak berlebihan dalam menciptakan menu makanan dengan semaksimal mungkin untuk memanfaatkan bahan baku yang ada di daerah sendiri,” terangnya. (Ode/Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *