Peserta PIM III Angkatan XXII LAN RI Tahun 2019 Gelar Sosialisasi Pelaksanaan KUPON Garampati

Halteng TM.com – Proyek perubahan peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III (tiga) Angkatan XXII Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Tahun 2019, Sekretaris Dinas Perikanan Pemkab Halteng Nurlela Samad melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada 4 (empat) Kelompok Usaha Pengolahan ikaN (KUPON) Garampati.

Kelompok desa were, kelompok desa Fidi Jaya yang mana kelompok tersebut terdiri dari ibu – ibu rumah tangga. Kegiatan tersebut di laksanakan di Aula Kantor Perikanan di desa Fidi Jaya Kecamatan Weda berlangsung selama 2 (dua) hari yang di buka oleh asisten II Setda Halteng Ir Hi Husen Nurdin dan hadir juga oleh Siti Sulastri, S.Ag selaku wirausaha UKM, dan memberikan materi sekaligus sebagai motifator.

Proyek perubahan Kelompok Usaha Pengolahan Garampati (KUPON Garampati) dari peserta berasal dari jenis olahan yang berbahan dasar ikan tuna yang dilakukan oleh Ibu-ibu rumah tangga secara perorangan dan hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari itupun dilakukan secara musiman. Untuk itu, upaya dalam membentuk dalam satu Kelompok Usaha Pengolahan (KUPON Garampati) guna menambah pendapatan melalui hasil produksi pengolahan.

Halteng salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku Utara yang memiliki luas wilayah 8.381,48 dengan luas daratan 2.276,83 KM2 atau 27 persen, dan luas lautan 6.104,65 KM2 atau 73 persen dan secara administratif terbagi menjadi 10 Kecamatan dan 61 desa, dimana sebanyak 49 desa yang terletak dikawasan pesisir pantai yang memiliki potensi periksa dan kelautan yang cukup menjanjikan.

Pentingnya sektor kelautan dan perikanan maka misi ketiga Pemkab Halteng bakal membangun potensi SDA sekaligus menciptakan iklim investasi dengan tujuan peningkatan produksi perikanan dalam rangka membangun ketahanan pangan, dan peningkatan pusat-pusat ekonomi baru diwilayah-wilayah strategis.

Pembangunan sektor kelautan dan perikanan merupakan kewenangan dari Dinas Perikanan Pemkab Halteng dalam menjalankan tugasnya Dinas Perikanan didukung oleh beberapa unit kerja diantaranya Bidang usaha budidaya yang didalamnya terdapat seksi kelembagaan dan mitra usaha perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. (Ode)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *