Sebelum 30 Desember 2021, DPRD Halut Sahkan Lima Ranperda jadi Perda

  • Share

Halut-Teropongmalut.com, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Provinsi Maluku Utara (Malut) melakukan rapat kerja dengan Empat Dinas, Bagian Hukum dan Ham, serta staf khusus Bupati (stafsus).

Empat Dinas yang ikut rapat dengan Bapemperda  yaitu Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan KPP, serta Dinas Penanaman Modal PTSP.

Ketua Bapemperda DPRD Halut, Irwan Djam usai rapat mengatakan rapat membahas soal retribusi penggunaan.

Ranperda yang diajukan melalui pemerintah daerah akan disahkan setelah tanggal 25.

“Jika ranperda tidak disahkan, maka pemerintah Daerah akan dirugikan dari distribusi izin bangunan, karena sesuai dengan perintah UU cipta kerja dan UU Kemendagri nomor 11 tahun 2021,” katanya saat ditemui di ruang Bangsaha DPRD.

Menurut Politisi PDIP itu, ada tiga poin yang sangat krusial yang ditaati seluruh kabupaten kota seluruh indonesia. Kalaupun perda ini tidak disahkan maka pihaknya tidak bisa memungut bangunan yang dibangun di Halmahera Utara baik itu properti maupun usaha-usaha yang lain.

“Juga termasuk pembangunan pemukiman masyarakat, maka kami memandang hal ini sangat urgen shingga harus diselesaikan sebelum tanggal 30 Desember,” Jelas Irwan.

Pihaknya mengaku pada tahun 2021 DPRD telah mengesahkan perda tentang pemotong hewan, perda tentang perikanan dan perda tentang barang, ditambah lagi dengan perda penyertaan modal pada perusahan daerah dan perda distribusi bangunan.

“Jadi kurang lebih lima perda yang sudah diselesaikan,” ungkapnya. (Ikwan/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *