Senator Ikbal Djabid Jalin Asmara dan Silaturahmi dengan Warga Malifut

  • Share

Malut-TeropongMalut.com, Senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Komite IV Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku Utara (Malut), Ikbal Djabid, pada Minggu 26 Desember 2021 turun ke daerah pemilihan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Lokasi jalin aspirasi masyarakat (asmara) yang dipilih oleh Senator Ikbal Djabid di akhir tahun adalah Kabupaten Halmahera Utara.

Adapun desa yang dikunjungi adalah Desa-desa yang berada di kecamatan Malifut, di antaranya Desa Tapasoho, Sabale, Ngofagita, Ngofakiaha, dan Peleri. Dalam pertemuan dengan warga, sejumlah aspirasi disampaikan kepada senator Ikbal Djabid.

Sementara paginya, dialanjutkan pertemuan dengan warga desa Tahane dan Malapa dirangkaikan dengan mengunjungi kantor Camat Malifut guna mengecek dan melihat langsung proses vaksinasi yang sedang berjalan.

Beberapa poin yang menonjol yang diminta oleh masyarakat untuk dibangun di Malifut diantaranya jalan ekonomi atau jalan tani, jalan desa dan pembangunan Masjid.

Hadir dalam pertemuan itu kepala-kepala desa yakni, Kepala Desa (Kades) Tapasoho Supardi Gaus, Kades Sabale Muhammad Taher, Sekdes Ngofagita Halid Basahona, Sekdes desa Ngofakiaha, Sekdes desa Pleri Aksa Kahar, Kades desa Tahane Rafik U. Basarun dan Kades Malapa Ikbal Said.

Mengutip penyampaian Sekdes Ngofagita Basahona mengutarakan, untuk desanya sendiri mengharapkan melalui pertemuan itu usulan yang di sampaikan dapat akomodir dan diperjuangkan oleh Ikbal Djabid nanti.

“Torang dulu merupakan pemenang Pak Ikbal, makanya di kesempatan ini kami hanya mengusulkan masalah Masjid dan jalan tani. Dan dari pak Ikbal inilah sangat diharapkan usulan tersebut dapat di dengar oleh pemerintah daerah agar segera di bangun sesuai janji-janji politik di tahun 2020 kemarin,” ujarnya.

Hal yang sama pula di sampaikan Sekdes Peleri Aksa Kahar, dia mengungkapkan, jalan tani meski berada pada wilayah provinsi, tapi sangat berhubungan dengan kecamatan Kao Malifut.

Foto: Bersama Senator Ikbal Djabid dengan para Kades di Malifut. (Istimewa)

“Jadi mulai dari masa Gubernur Thaib Armain dua priode hingga AGK dua priode baru direalisasikan 1 kilo lebih dan kalau di hitung-hitung masih tersisa 20 kilo lebih lagi,” ucapnya.

“Walau ini hanya sebatas silaturahmi dan reses, kami ingin sampaikan persoalan jalan tani bukan saja keluhan warga Peleri saja. Kurang lebih 10 desa menginginkan hal yang serupa. Begitu juga dengan jalan desa, sekitar dua sampai tiga kali di ukur oleh pemerintah tapi saat ini belum-belum saja terealisasi. Jadi kami berharap dari sisi anggaran boleh di lihat dan dikawal pak Ikbal agar ini secepatnya direalisasikan,” harapnya.

Ikbal yang di dampingi staf ahlinya Rudi Mahmud ditengah pertemuan bersama masyarakat menyampaikan, selaku dewan perwakilan daerah yang tugasnya sebagai pengawasan, Ia tetap mengawal apa yang disampaikan oleh warga. Meskipun kebijakannya berada di tangan pemerintah daerah.

“Kami akan tetap mendengarkan berbagai macam keluhan masyarakat dan akan kami sampaikan ke Bupati sesuai kemampuan saya. Walaupun itu adalah diluar kebijakan saya,” katanya.

Ikbal yang terhitung kurang lebih baru 2 bulan pengabdian ini mengatakan, sesuai topoksinya di Komite IV, dirinya tidak bisa menjanjikan bahwa dari keluhan masyarakat ini akan dipenuhi, sebab hal tersebut berada pada kebijakan komite yang lain.

Tetapi kata dia, tetap diupayakan sehingga menjadi sebuah perhatian pemerintah daerah.

“Semua aspirasi kami akan dengarkan, dan saya tidak janjikan tapi akan mengkomunikasikan baik ke Komite IV, DPRD Provinsi maupun Kabupaten, Bupati dan Gubernur sehingga ini menjadi perhatian,” jelasnya. (Tim/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *