Siswa TNI-AD Latihan Bersama dengan Siswa Polri di SPN Sofifi

  • Share

Sofifi-TeropongMalut.com, Siswa TNI-AD menggelar upacara pembukaan latihan siswa bersama-sama dengan siswa Polri di SPN Polda Malut di Sofifi pada Senin (13/12/21).

Upacara pembukaan dipimpin oleh Kompol D. Patiasina, ST.,SH., MH, didampingi oleh Kepala Sekolah Polisi Nasional (KSPN) Polda Malut AKBP Rustanto S.IK.

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Wakapolda Malut Brigjenpol Drs. Eko Parasetia S.IK, didampingi Kasrem 152 Babullah Ternate Kolenel infantri Wawan Subarjo.

Upacara diikuti oleh 266 siswa Polda Maluku Utara, dan 30 siswa TNI-AD dari propinsi Maluku.

Dalam sambutanya kepala Lemdiklat Polri yang dibacakan oleh Wakapolda Malut Brigjenpol Drs. Eko Parasetia, S.IK, menjelaskan kegiatan yang dilakukan merupakan rangkaian kegitan integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan Kolaborasi siswa TNI AD, dengan siswa Polri.

Latihan dilaksanakan selama lima hari sejak Senin-Jumat pada seluruh satuan pendidikan (Satdik) TNI-Polri pada 14 lembaga pendidikan.

Kegiatan DIKLAT integrasi TNI-Polri merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI-POLRI Nomor PKS/29/2021 dan Nomor PKS/IX/2021 tanggal 15 September tentang kegiatan integrasi pendidikan pada pembentukan Perwira TNI/POLRI.

Kegiatan diklat integrasi TNI-POLRI pada level pembentukan Bintara merupakan kali pertama dilaksanakan secara serentak di seluruh Satdik Polri dan lembaga pendidikan TNI -AD.

“Kedepan dapat menjadi agenda rutin untuk pelaksanaan integrasi di bidang pelatihan dan pendidikan,” jelasnya.

Foto: Upacara pembukaan latihan bersama siswa Polri dan siswa TNI-AD (istimewa)

Diakhir sambutannya Wakapolda Malut berpesan kepada peserta didik untuk melaksanakan dan mengikuti rangkaian kegiatan dengan semangat dan dengan penuh keikhlasan, jalin persahabatan dengan rekan-rekan TNI sehingga mampu meningkatkan peran yang nyata dalam kerjasama dan kolaborasi antara TNI dan POLRI,” harap Wakapolda.

“Kegiatan kolaborasi ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan sinergitas melalui berbagai kegiatan yang membangun rasa kebersamaan dan kekompakan termasuk kesetiakawanan,” katanya lagi.

Gunakan kesempatan ini kata Waka Polda sebagai momen untuk membina hubungan kedepan pada saat melaksanakan tugas di wilayah satuan masing-masing.

“Kepada para pendidik dan pengasuh saya titipkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan kolaborasi TNI-AD dan Polri,” pesannya.

Sementara itu, Komendan Diklat (KOMDIKLAT) TNI-AD yang dibacakan oleh Kasrem 152 babullah Ternate Kolenel Infantri Wawan Subarjo, mengungkapkan.

“Kita patut bersukur saat ini penanganan Covid-19 19 sudah meredah, tetapi kita tidak boleh lengah harus waspada untuk mengatasi covod 19 dengan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, serta mentaati prokes covid 19,”ajaknya.

Olehnya itu, para siswa lanjut Kasrem, dapat bersenergi dalam kolaborasi kegiatan pendidikan di SPN Polda Malut.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolres Kota Tidore Kepulauan AKBP Johanes Jalung Siram S.IK, Pejabat utama SPN Polda Malut, dan para pengasuh dan pelatih SPN Polda Maluku Utara. (bur/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *