Slider

SPSI PT IWIP Temui Wartawan Luruskan Pemotongan Upah

Halteng, TM.com – SPKEP Sarikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) Selasa, (10/12/2019) pukul 23.27 WIT bertempat di desa Were menemui awak media dalam rangka meluruskan penyampaian sejumlah buruh terkait dengan pemotongan iuran SPSI perbulan kepada ribuan karyawan.

SPKEP SPSI PT IWIP diantaranya Humas dan Protokoler SPSI PT IWIP Sofyan Abdu Sekretaris Janwar Surahman, Muttaqin Abdul Haris, Jasmin Guraahe, dan Aulia Talabuddin.

Sofyan Abdu kepada reporter mengaku pernyataan sejumlah buruh/karyawan PT IWIP kepada wartawan baru – baru ini dinilai tidak sesuai dengan fakta dilapangan. Sebab, dalam pemotongan upah buruh pun tidak dilakukan setiap bulan dan tidak semua buruh, sebab tidak semua buruh yang bergabung kedalam organisasi SPSI,” tegasnya.

Selain itu, dari data karyawan yang di update oleh pengurus SPSI sebanyak 5.360 orang. Sementara karyawan yang bergabung di organisasi baru sebanyak 2.800 orang, itu pun tidak setiap bulan dilakukan pemotongan,” lanjutnya.

Sebenarnya pemotongan iuran itu berjalan setiap bulan tapi pemotongan belum dilakukan saat pengurus PUK SPSI PT IWIP di lantik, namun pemotongan dilakukan beberapa bulan setelah berkas keanggotaan yang mendaftar dilengkapi.

Organisasi Sarikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) ini baru terbentuk dan dilantik oleh DPP pada tanggal 10 April 2019 tahun ini. Sampai saat ini penanganan kasus sebanyak 226 kasus, sebanyak 15 kasus berat dan sisa lainnya adalah kasus kedisiplinan. Namun, terkait dengan kasus kedisiplinan sebanyak 37 kasus kedisiplinan itu SPSI meminta untuk dipekerjakan kembali oleh Manajemen.

Semua yang SPSI lakukan karena merasa bertanggung jawab atas seluruh anggota. Namun kadang permasalahan anggota SPSI tidak melakukan pengaduan. Untuk itu harapan kami bagi anggota SPSI yang merasa dirugikan atas pemutusan kerja atau sanksi lainnya, jangan ditanda tangani dulu dan melaporkan ke SPSI untuk dilakukan kordinasi,” pintah Opan Bagian Humas dan Protokoler SPSI PT IWIP.

Saat ini pengurus SPSI konsentrasi dan terus melakukan sosialisasi kepada semua karyawan untuk bergabung dengan SPSI. Selain itu, kami juga berkonsentrasi penuh untuk melakukan perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dalam rangka menciptakan hubungan ketenagakerjaan yang harmonis dan dinamis,” lanjut Sekretaris SPSI Janwar Surahman. (Ode)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *