Slider

Terkendala SDM, Sejumlah Kades dan Perangkat Berkantor di Kota Weda

Halteng TM.com – Berdasarkan informasi yang di himpun dari sejumlah warga bahwa belakangan ini terdapat sejumlah Kepala Desa dan perangkat mulai dari Kecamatan Pulau Gebe, Kecamatan Patani Timur, Patani Utara, Patani, Patani Barat, Weda Timur, Weda Utara dan Weda Tengah dikabarkan telah berbulan-bulan berkantor di Kota Weda.

Hal ini terjadi dikarenakan sejumlah perangkat desa yang menduduki kabinet sangat minim Sumber Daya Manusia (SDM) – nya. Sehingga yang terjadi para Kepala Desa dan perangkat terutama bendahara terpaksa berkantor di Kota Weda.

Selain itu, ada sebagian program desa tanpa dilakukan dengan cara musyawarah bersama masyarakat alias kerja mengikuti kemauan sepihak yakni Kepala Desa dan perangkatnya saja tanpa memikirkan kebutuhan warga masyarakat di desa. Keluhan – keluhan warga terkait pemerintah desa tak berada ditempat ini dihimpun kurang lebih sebulan lamanya, sebagian via telpon genggam, dan sebagian desa ditinjau langsung oleh awak media.

Contoh seperti Kepala Desa Gemaf, dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Weda Utara terpantau sudah berbulan-bulan nginap dikontrakan di Kota Weda, sehingga pelayanan publik di desa tak berfungsi dengan tidak beradanya para Kepala Desa di kampong halaman.

Terkait perihal diatas, ada beberapa alasan para Kepala Desa yang sering ditemui di Kota Weda mengeluhkan dengan perangkat yang tidak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga para Kepala Desa harus menggunakan jasa orang lain untuk mengerjakan laporan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan dana desa yang telah diprogramkan bahkan yang baru diprogramkan.

Ketika dikonfirmasi soal pelayanan publik, para Kepala Desa mengaku aktivitas kantor tetap berjalan. Namun sayangnya itu tak sesuai fakta dilapangan, karena laporan warga masyarakat pelayanan publik tak jalan karena di Kantor Desa tak ada aktivitas. (Ode)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *