Tingkatkan Budaya Gotong Royong, Forum Keserasian Sosial Bersatu Gelar Pertemuan

Halteng TM.com – Dalam rangka memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dalam membangun kehidupan yang harmonis dan semangat kegotongroyongan di kalangan masyarakat. Forum Keserasian Sosial “Bersatu” Desa Kluting Jaya Kecamatan Weda Selatan melaksanakan pertemuan pertama dengan tema “Memperkuat Nilai-nilai Kegotongroyongan Dalam Membangun Kehidupan Yang Harmonis di Masyarakat” yang berlangsung di kantor desa Kluting Jaya Kamis, (19/09/2019) pukul 23.00 WIT.

FOTO : Pertemuan Forum Keserasian Sosial Bersatu

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Provinsi Maluku Utara Umar Abd Kadir, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Pemkab Halteng, Bambang W Harianto, Camat Weda Selatan Hairun Amir, Pjs Kepala Desa Kluting Jaya Jhon Alfons Rahman, Ketua KNPI Halteng Sunarwan Mochtar, Babinkamtibmas desa Kluting Jaya Bripka Ahmad Afandi Tehuayo, Babinsa desa Kluting Jaya Serma George Ayomi, Ketua Pendamping Forum Keserasian Sosial Wahyu SM Somola, Ketua Keserasian Sosial Bersatu desa Kluting Jaya Nahrawi Sirajuddin.

Forum tersebut bersama pemerintah menggelar kegiatan guna mendukung peningkatan semangat kegotong royongan dan suasana sosial yang harmonis di tengah – tengah masyarakat.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni berupa pertemuan dan tanya jawab yang di hadiri Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara, Dinas Sosial Pemkab Halteng, Camat, KNPI, Babinkamtibmas, dan Babinsa sekaligus bertindak sebagai pemateri.

FOTO : Forum Keserasian Sosial Bersatu Gelar Pertemuan, Tingkatkan Budaya Gotong Royong

Hadir pula Pendamping Forum, Pengurus Forum dan masyarakat. Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Provinsi Maluku Utara Umar Abd Kadir mengatakan, budaya gotong royong yang ada di masyarakat yang menjadi ciri khas kita harus dikembalikan lagi selaku budaya yang saat ini hampir hilang.

“Kita mesti bekerjasama untuk mengembalikan ciri khas kita, yakni gotong royong. Dengan gotong royong ini tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, utamanya di tingkat desa,” pintahnya.

Senada, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Pemkab Halteng, Bambang W Harianto yang menyampaikan, dengan kerjasama ini maka banyak hal yang akan bisa dicapai, salah satu tujuan sebenarnya itu untuk mencegah terjadinya konflik sosial dikalangan masyarakat.

“Banyak juga yang bisa kita lakukan, berbagai macam konflik sosial bisa kita redam. Karena dengan gotong royong yang semakin ditingkatkan, secara otomatis konflik – konflik yang ada di masyarakat secara perlahan dapat dikendalikan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Weda Selatan Hairun Amir menyambut baik kegiatan tersebut, dirinya berharap melalui program ini maka masyarakat dapat meningkatkan sinergitas untuk sama – sama membangun desa.

“Kita sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, bagus sekali untuk desa. Dari ini kita semua tentunya berharap seluruh elemen masyarakat, utamanya di desa kita dapat sama-sama bergotong royong untuk membangun desa kita. Untuk itu program ini sangat membutuhkan dukungan partisipasi kegotongroyongan masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Babinsa desa Kluting Jaya Serma George Ayomi berharap kebudayaan yang dulunya kental di masyarakat, yakni gotong royong ini dapat benar-benar diimplementasikan dan membangun desa bersama-sama.

Untuk itu dirinya berharapa kegiatan ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik, dengan dukungan dari pihak pemerintah desa, dinsos provinsi dan kabupaten, agar gotongroyong ini dapat dijaga terus menerus,” tuturnya.

Dengan semangat gotong royong ini lah kita saling menjaga hubungan sosial masyarakat yang lebih harmonis,” lanjut Ayomi.

Usai kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan diakhiri dengan peletakan batu pertama program Kementerian Sosial yakni pembangunan jalan rabat beton sepanjang 75 meter dan lebar 2 meter oleh Kabid Dinsos Umar Abd Kadir dan Camat Weda Selatan Hairun Amir sekaligus disaksikan oleh Pjs Kepala Desa Kluting Jaya, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Forum Keserasian Sosial Wahyu SM Somola, Ketua Forum Keserasian Sosial Bersatu Desa Kluting Jaya Nahrawi Sirajuddin. (Ode/Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *