PPG Gelar Kompotensi untuk Tingkatkan Mutu Guru

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com,
Progam Pendidikan Profesi Guru PPG dalam jabatan (Daljab) (FKIP-UNKHAIR) Ternate melakukan Penguatan Kompetensi Guru Pamong.

Penguatan Kompotensi digelar di Aula Mini Lantai dua Kampus FKIP UNKHAIR Kelurahan Akehuda, Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Malut Senin 20 Desember 2021.

Ketua PPG FKIP UNKHAIR Dr Syharil Muhammad M.Hum, kepada awak Media menjelaskan kegiatan penguatan Kompotensi guru dimaksudkan untuk penguatan kompetensi guru pamong FKIP Universitas Khairun.

Adapun Tema yang diangkat adalah “PPG Bersama Guru Pamong Memajukan Guru Maluku Utara”

Penguatan PPG daljab menghadirkan  tiga narasumber di antaranya kordiantor PPG, Dr Syharil Muhammad, M. Hum, Sekertaris PPG Dr Hery Suharna, dan Div Akademik PPG, Dr Taslim D Nur.

“Guru pamong direkrut,  LPTK Universitas Khairun melalui PPG sejak tahun 2018-2021, hasil evaluasi PPG daljab 2021 memberi indikasi beberapa hal yang harus diperbaiki di masa akan datang misalnya yang pertama ada persepsi sebagian dosen dan guru pamong memandang PPG memiliki pola pembelajaran masi berskala S1, padahal kita tau bersama PPG ini suda masuk level 7 atau stratanya S2, kedua ada sebagian dosen memandang program PPG ini sebagai Penyitraan,” jelasnya.

Atas dasar itu maka panitia PPG lanjut Dr Syahril, pihaknya melakukan penguatan pembelajaran guru pamong abad 21 yang diberi tugas melaui penguatan akademiknya, model pembelajaran, evaluasi, Penilayan HOTS, dan saintific.

“kami memperdiksi kurang lebih 68-70% misalnya lulus dari 640 masa yang akan datang maka berimplikasi pada pendataan dari Kementrian yang akan diberikan PPG UNKHAIR lebih meningkat itu dipastikan,” janjinya.

“Yang menjadi masalah di Daerah kita (Malut) Guru-guru yang masuk ikut tes pra PPG itu sangat minim, dari seluru Provinsi di Indonesia. Ini yang menjadi tantangan kita di dunia Pendidikan oleh nya itu Pemprov, Pemkot dan Pemkab harus serius melihat ini sebagai tanggung jawab bersama,” harapnya.

Vasilitasi Guru-Guru baik di Kota maupun di Daerah-daerah pinggiran kata Dr Syahril, mengikuti PPG untuk menguatkan Pendidikan yang bermutu di masa yang akan datang. (Tamsil /red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *