Slider

Traveling Kembali Jejaki Muara Halteng Cari Sarang Predator Somasi

Halteng TM.com – Direktur Chuleyevo Spot Fishing Weda M. Said Waroby kepada wartawan Rabu, (10/07/2019) sore tadi kembali menemukan tiga jenis spesies ikan langka yang berada di sungai Halmahera Tengah yakni, Spottel bass, Black bass dan Manggrove Jack.

Spot ikan yang masuk rekord kategori predator spesies purba ini ternyata ada di sejumlah sungai di Kabupaten Halmahera Tengah diantaranya, sungai Fidi, sungai Kobe, sungai Wale dan sungai Dote.

FOTO : Dua spesies Ikan Purba yaitu Spottel Bass dan Black Bass
(Halmahera Trip On The Spot)

Meski demikian, namun dua spesies purba yaitu Spottel bass dan Black bass dilaporkan hanya bersarang di muara wilayah timur Indonesia, yakni Kaimana, Seram dan Halmahera, bahkan terancam punah,” ungkapnya.

Waroby juga menyatakan bahwa tak jarang tamu mancing mania yang datang memanfaatkan momen di Halmahera Trip On The Spot itu, yakni dari Singapura, Malaysia, Thailand, Perancis dan Amerika Serikat.

Usia spesies langka ini disebut jika mencapai 10 kg, maka diperkirakan sekitar 20 hingga 35 tahun. Ada juga jenis ikan serupa dan hanya ada di muara namanya, Manggrove Jack. semua jenis ikan ini oleh masyarakat Halmahera Tengah disebut Somasi,” tandasnya. (Ode)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *