Slider
162 views

UJian Nasional Diganti Dengan Asesmen Nasional

Halteng-Teropongmalut.com, Pelaksanaan ujian nasional tahun 2021 telah ditiadakan, ini berdasarkan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 1 tahun 2021 tentang  peniadaan ujian nasional mengingat pandemi Covid-19 masi terus berkeliaran di Indonesia.

Asesmen Nasional menjadi penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan. Peningkatan sistem evaluasi pendidikan menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh pemerintah.

Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara menyebut Asesmen dengan melakukan Pendataan terhadap siswa yang mengikuti Asesmen baik SD maupun SMP.

Hal ini disampaikan oleh kepala Dinas Pendidikan Halmahera Tengah Ahmad Rakib. “langkah yang kami ambil soal asesmen ini, kami membuat pendataan terhadap jumlah siswa yang mengikuti asesmen baik SD maupun SMP, kemudian langkah berikutnya adalah guru diikut sertakan didalamnya juga” ungkap kepala Disdik saat di temui awak media ini diruang kerjanya Rabu (17/02).

Rakib menjelaskan “Ada beberapa guru yang mengikuti kegiatan Asesmen ini dan kemudian mereka mensosialisasi kepada seluruh sekolah-sekolah yang ada Halteng, jadi  tidak melalui Ujian tertulis tapi ini melalui penilaian langsung terhadap prestasi siswa dengan krakter siswa di sekolah” jelasnya.

Lebih lanjut Rakib, mengatakan “Ini kebijakan dari kementerian pendidikan Republik Indonesia, salah satu yang paling mendasar itu adalah menilai prestasi siswa, menilai keberhasilan kurikulum, tidak bisa hanya dilihat pada prestasi akademik yaitu melalui Ujian tertulis, tetapi seluruh potensi siswa itu di nilai baik Akademik maupun non Akademik,  maka itu dilakukan Asesmen” ucapnya.

“Salah satu contoh siswa memiliki  nilai prestasi yang sangat bagus, tapi apakah prilaku itu bagus atau tidak, nah itu yang di lihat, sehingga kemampuan Intelektual  dengan prilaku itu, juga menjadi hal yang tidak bisa di pisahkan dalam mengupas keberhasilan sebua pendidikan”. Jelasnya

“Jadi dalam hal itu Pemerintah Daerah tetap menyesuaikan dengan pemerintah Pusat, tentang masaalah Asesmen” Pungkas Kadis Pendidikan Halteng. (Ances/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *