Begini Dasar Hukum Anggota Kepolisian Dilarang Berbisnis, Apa Lagi Usaha Bisnis Ilegal,

Penulis : Odhe
Editor : Redaksi

HALSEL, Teropongmalut.com – Berdasarkan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan PP Nomor 2 tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Anggota Kepolisian dilarang bekerjasama dengan orang lain didalam atau di luar lingkungan kerja dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi, golongan, atau pihak lain yang secara langsung atau tidak langsung yang merugikan kepentingan negara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa salah satu oknum anggota kepolisian yang bertugas di Polsek Maffa Kecamatan Gane Timur Kebupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara inisial IS sampai saat ini masih gencar bertindak sebagai pebisnis angkutan kayu olahan secara ilegal dari Kecamatan Gane Timur kemudian dijual di Kecamatan Weda dan bahkan dikabarkan dijual ke Kota Ternate.

Padahal, larangan bagi anggota kepolisian RI ditegaskan dalam tugas pokok kepolisian RI pada PP Nomor 2 tahun 2003 tentang Peraturan disiplin anggota kepolisian RI yang mestinya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindunhan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Sementara dalam melaksanakan tugas memelihara kehidupan bernegara dan bermasyarakat, sekaligus larangan bagi anggota kepolisian.

Pasal 5 PP Nomor 2 tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota kepolisian negara Republik Indonesia mengatur beberapa larangan bagi anggota kepolisian dalam rangka memelihara kehidupan bernegara dan bermasyarakat salah satunya poin (d) bekerjasama dengan orang lain di dalam atau di luar lingkungan kerja dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi, golongan, atau pihak lain yang secara langsung atau tidak langsung merugikan kepentingan negara.

Sementara pada poin (v) memasuki tempat yang dapat mencemarkan kehormatan atau martabat kepolisian negara Republik Indonesia, kecuali karena tugasnya. Jadi kesimpulannya bahwa anggota kepolisian RI tidak boleh berbisnis atau memiliki usaha terlebih lagi dilakukan dengan cara menyalahgunakan wewenangnya. Jika melanggar, maka anggota kepolisian tersebut dapat dikenakan hukuman disiplin.

Untuk itu, diminta kepada Kapolda Maluku Utara agar mengambil langkah ulah oknum anggota kepolisian negara yang bertugas di Polsek Maffa Kecamatan Gane Timur Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara berinisial IS tersebut karena diduga telah mengangkangi Peraturan disiplin anggota kepolisian RI Nomor 2 tahun 2003 tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *