BPJS Kesehatan Morotai Beralih ke Sistem Pelayanan Online: Upaya Meningkatkan Efisiensi dan Kemudahan Layanan

Morotai, Teropongmalut.com — BPJS Kesehatan di Pulau Morotai telah mengambil langkah besar dengan menerapkan sistem pelayanan berbasis online, meninggalkan cara manual yang sebelumnya digunakan. Menurut Kepala BPJS Kesehatan Pulau Morotai, Tapril Jailani, ini termasuk penerapan pencetakan kartu BPJS Kesehatan secara online.

Tapril menyerukan kepada masyarakat Pulau Morotai yang memiliki kartu BPJS namun masih harus membayar biaya obat saat berobat di rumah sakit, untuk datang ke kantor BPJS dan mengisi form komplain. Ia menegaskan bahwa rumah sakit tidak boleh membebankan biaya obat kepada peserta BPJS, baik itu di Pulau Morotai atau di luar pulau.

Menurut Tapril, pengawasan ekstra ketat telah dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan. Jika ada rumah sakit yang membebankan biaya obat kepada peserta BPJS, masyarakat diimbau untuk melaporkannya ke pihak berwajib.

Tapril juga mengakui adanya pengurangan peserta BPJS Kesehatan di Pulau Morotai, yang disebabkan oleh validasi data NIK yang tidak valid. Untuk itu, masyarakat yang telah dinonaktifkan diharapkan melakukan validasi data kembali di Dinas Sosial.

BPJS Kesehatan Morotai sebelumnya berdekatan dengan kantor Bank BNI cabang Pulau Morotai, namun sekarang telah pindah ke Desa Muhajirin Baru Morotai, yang berdekatan dengan Kodim 1514. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota, hingga saat ini belum ada keluhan dari masyarakat terkait jarak kantor BPJS Kesehatan.

Tapril berharap, jika kartu kepesertaan telah dinonaktifkan saat berobat, masyarakat dapat melaporkannya ke Dinas Sosial Kabupaten Pulau Morotai dengan membawa rekomendasi dari desa dan kartu keluarga domisili agar dapat diaktifkan kembali.

Untuk pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan, masyarakat dapat melalui Mobile JKN, BPJS Kesehatan, Chat Chika Asisten JKN, Care Center 165, BPJS Keliling, BPJS Online, atau melalui layanan administrasi melalui WhatsApp. (TS/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *