Buka STQH Nasional ke XXVI di Sofifi, Menag Sebut Malut Wilayah Kesultanan Islam Berperadaban Tinggi

  • Share

Sofifi-TeropongMalut.com, Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ dan Hadist) Nasional ke XXVI di arena utama di Masjid Raya Sofifi Provinsi Maluku Utara pada Sabtu (16/10) berlangsung meriah dan penuh hikmah.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, mewakili Presiden RI Jokowi membuka secara resmi STQ dan Hadist Nasional ke XXVI di Provinsi Maluku Utara.

Dalam sambutannya Menteri Agama menyampaikan bahwa event STQ dan Hadist Nasional merupakan momen yang sangat mulia dan menyatukan bangsa Indonesia. “Semoga kita semua diberikan keadaan yang sehat walafiat,” kata Menang mengawali sambutan.

Lebih lanjut Menag berharap semoga perjumpaan dalam event STQ dan Hadist Nasional ke XXVI menambah keberkahan dalam pembumian Al-qur’an di seluruh penjuru Nusantara. “Melalui event dua tahunan ini kita sedang melangkah pasti mendekatkan Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dalam kesempatan itu Menang menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, kepada seluruh warga Maluku Utara dan kepada para Khalifah yang akan bertanding nanti.

Disisi lain Menag menyebut Indonesia merupakan negeri yang diberkahi baik kekayaan alam maupun budaya, dimana tanahnya begitu subur dan harmoni dengan semua elemen bangsa yang begitu indah. “Ini kenyataan yang harus kita sama-sama sukuri,” ajak Menag.

STQ dan Hadist Nasional ke XXVI yang dilaksanakan di Sofifi Maluku Utara, kata Menag memiliki makna yang strategis. Selain sarat akan sejarah panjang yang kaya dengan nilai-nilai kearifan lokal, Maluku Utara adalah wilayah kesultanan Islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan Islam rahmatan Lil Alamin.

“Kita berharap penyelenggaraan STQ dan Hadist Nasional di Malut ini dapat merawat dan membumikan spirit Islam Rahma dan damai, melalui spirit membumikan Al-Quran yang terus dan berkelanjutan, sebagai mana kita semua tahu bahwa Al-Qur’an adalah pusat energi, tidak hanya menggerakkan tetapi juga merawat Islam untuk terus bergerak dalam mewarnai keragaman Nusantara,” jelasnya. (Dar/Tamsil/red).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *