Cegah Gangguan Pasokan listrik, PLN Ranting Bacan Pangkas Pohon

  • Share

Halsel-TeropongMalut.com, Guna meminimalisir terjadinya gangguan pasokan listrik kepada pelanggan, PLN ranting Bacan Kabupaten Halmahera Selatan melakukan  pemangkasan pohon dan tanaman yang dekat dengan jaringan listrik. Pembersih jaringan listrik dari pohon dilakukan secara berkala sebagai bagian dari service PLN kepada pelanggan. Demikian dijelaskan Kepala PLN ranting Bacan, Kabupaten Halsel Isra H. Abdullah kepada Teropong Malut.com Selasa (15/06).

Menurut Isra, sesuai Peraturan Menteri ESDM No. 2 tahun 2019, jarak aman right of way (ROW) pohon dan bangunan dengan jaringan listrik adalah minimal 2,5 meter. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak boleh ada pohon dan bangunan yang posisinya kurang dari jarak yang sudah ditentukan tersebut demi keselamatan manusia dan benda-benda lain, serta demi keamanan operasi sistem kelistrikan.

Isra menjelaskan bahwa ia baru bertugas selama satu bulan lebih. Namun telah melakukan pemangkasan pohon, guna mencegah terjadinya pemadaman listrik sekaligus menurunkan jumlah pemadaman.

Dalam kesempatan itu Isra juga menyampaikan bahwa selain pemangkasan pohon, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa titik, diantarnya di desa Bori, Wayakuba, dan Kaputusan. Sosialisasi dilakukan agar masyarakat mengerti kerja-kerja PLN.

“Selain pemangkasan, pihak kami juga sekaligus melakukan sosialisasi pada warga, kami ingin masyarakat mengerti atas kerja-kerja kami di PLN,” jelas Isra.

Pria Berdarah Buton itu juga menambahkan bahwa pihaknya telah merencanakan untuk kedepannya akan diberlakukan pelayanan listrik khusus di areal instalasi vital daerah perkantoran dan kota.

Isra bilang pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pemda agar supaya pelayanan listrik khusus ini cepat bisa terwujudkan.

“Saya di panggil pihak Pemda dan layanan untuk listrik khusus ini sudah saya sampaikan ke Bupati, insha Allah ini bisa cepat terwujudkan,” harap isra. (Mursal/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *