Dinas Koperasi Sebut Bantuan Presiden untuk UMKM cair Lewat Bank BRI

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Ternate menyebut program bantuan presiden untuk UMKM tahun 2020 dicairkan melalui himpunan Bank Negara (Himbara) dalam hal ini Bank BRI dan BNI.

Untuk itu warga Kota Ternate penerima bantuan presiden untuk UMKM untuk mengurus pencarian ke Bank-bank Himbara (BRI dan BNI). Demikian dijelaskan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ternate Hadi Haerudin, kepada TeropongMalut.com Senin (02/08).

Pernyataan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ternate itu sebagai respon atas keluhan salah satu warga Kelurahan Takome Kecamatan Pulau Ternate yang bernama
Adam Arba, 63 Tahun.

Adam mengaku namanya masuk sebagai salah satu penerima bantuan presiden untuk UMKM tahun 2020. Namun ia, belum bisa menerima bantuan itu sejak bantuan tahap 1 dan 2, sampai tanpa 3 cair, karena ada perbedaan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Akibatnya Bank menolak mencairkan bantuan yang bersangkutan.

Hadi menjelaskan dengan adanya bantuan Banpres untuk UMKM, pada tahun 2020 suda ada proses pencairan yang dilakukan, tahap satu sebanyak Rp 2.400.000,-.  Tahap dua pada  2021 nilai bantuannya Rp 1.200.000,-.

Lebih lanjut Hadi Hairudin, menyatakan persoalan dapat atau tidak dapat bantuan presiden untuk UMKM merupakan kewenangan pusat. “Jika dana atau bantuan itu suda dicairkan (tranfer ke Bank BRI) berarti sepenuhnya ada di Bank tersebut,” katanya.

Sementara itu pihak Bank BRI yang konfirmasi TeropongMalut.com pada tanggal 2/8/2021, salah satu petugas (Sekretaris) menyatakan Pimpinannya sedang keluar. “Nanti balik diinfokan baru ketemu Pimpinan,” katanya.  Namun sampai berita ini ditayangkan pihak Bank BRI belum berhasil dimintai penjelasan atas keluhan salah satu warga Kelurahan Takome tersebut. (Anyong/red).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *