Berita  

DPMD Malut Desak DPMD Morotai Segera Lantik Pilkades Hasil Putusan PTUN dan Kasasi Mahkamah Agung RI

Morotai TeropongMalut.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku Utara mendesak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Morotai agar segera melantik tujuh desa hasil pemilihan Kepala Desa atas putusan tingkat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Ambon, Makassar, dan hasil putusan kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Sebab tujuh desa hasil pemilihan Kepala Desa putusannya mengikat (final) karena putusan bersifat inkrah pada Jumat, 06 Juli 2024.

Awak Media Teropong Malut melakukan wawancara dengan Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Maluku Utara, Anwar Lifran S.STP. M.Si. “Menjelaskan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Morotai tidak boleh terpolitisasi pada kepentingan politik tertentu sehingga masalah hasil pemilihan Kepala Desa berlarut-larut dan tidak ada kepastian maupun kejelasan”.

“DPMD Morotai tidak ada alasan lagi sehingga secepatnya melantik para Kepala Desa yang menang atas putusan PTUN serta putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia”, ujar Anwar.

Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Maluku Utara, Anwar Lifran S.STP. M.Si, menambahkan bahwa “DPMD Morotai tidak boleh menunjuk, mengangkat PJ kepada Desa dengan masa jabatan yang cukup lama dan jangan mengangkat PJ Kepala Desa berulang kali”.

“Sebab masa jabatan PJ Kepala Desa cukup sekali saja, bukan pengalangan berulang kali atau perpanjangan masa jabatan Penjabat Kepala Desa”, ujarnya. (TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *