Dukung Pemajuan Budaya, Pemkot Ternate Jalin Kerja Sama dengan Buku Suba Institut

  • Share

Ternate-Teropong Malut. com, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara dengan Tim Ahli Warisan Tak Benda Malut yang tergabung dalam Buku Suba Institut punya komitmen bersama setiap tahun menginventarisir warisan budaya tak benda di Provinsi Maluku Utara untuk didata dan ditetapkan bahkan didaftarkan kepada Kementerian Kebudayaan untuk mendapatkan pengakuan secara resmi.

Dan untuk mengarah pada tujuan itu Buku Suba Institut sebagai liding sektor penelitian budaya di Malut mulai menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Ternate untuk nanti melakukan penelitian budaya di Kota Ternate.

Demikian dijelaskan Ketua Tim Warisan Budaya tak benda Dr Syahril Muhammad, kepada TeropongMalut.com di Kantor Wali Kota Ternate Jumat 22 Oktober 2021 usai acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Ternate dengan Buku Suba Institut tentang Penelitian Budaya Tak Benda dalam mendukung pengembangan serta Pemajuan Kebudayaan di Kota Ternate

Dr. Syahril Muhammad  menjelaskan Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara, punya komitmen bersama dengan tim ahli warisan tak benda dalam mendukung pengembangan serta pemajuan kebudayaan di Kota Ternate.

Dr. Syahril bilang  Pemerintah Kabupaten dan Kota harus dan segera untuk mengajukan warisan-warisan budaya tak benda terutama Kota Ternate.

“Kota Ternate merupakan pintu masuk kebudayaan serta sebagai  pemicu dalam rangka melestarikan warisan-warisan Kebudayaan tak benda sesuai dengan Undang-Undang kemajuan kebudayaan,” jelasnya.

Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 lanjut Dr Syahril, pemerintah punya kewajiban  untuk melakukan kajian investasi. Di Ternate warisan-warisan tak benda suda mulai hilang (punah), misalnya air sentosa sejarah yang hilang saat ini.

“Kami ingin mengembalikan sehingga bukti-bukti ini menjadi sejarah kebudayaan, agar Ternate di kenal oleh bangsa-bangsa lain dan kembali menjadi Kota bersejarah. (Tamsil/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *