Edaran Pj. Bupati Halteng Manfaatkan Lahan Kebun Tingkatkan Produk Pangan Lokal

Reporter : Odhe
Editor : Redaksi

HALTENG, Teropongmalut.com – Dalam rangka pengendalian inflasi beras dan gula, serta meningkatkan diversifikasi pangan lokal dan pengendalian penyakit diabetes. Pemerintah merasa penting untuk mengarahkan semua komponen baik pemerintah daerah, provinsi, kecamatan dan desa, TNI-POLRI, Swasta, dan masyarakat untuk mengurangi konsumsi beras dan mengalihkan pangan lokal yakni jagung, singkong, ubi jalar, keladi, sagu, dan pisang, serta sayuran lokal sebagai sumber pangan utama.

Satuan Kerja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi di Kabupaten Halmahera Tengah untuk melakukan sosialisasi dan desiminasi pentingnya konsumsi pangan lokal kepada seluruh jajaran dan masyarakat. Seluruh perusahaan pertambangan agar menggunakan produk pangan lokal sebagai konsumsi utama.

Seluruh OPD, Camat dan Desa, serta PKK dan Dharma Wanita, serta seluruh perangkat agar meningkatkan pemanfaatan lahan desa dan lahan pekarangan untuk produktivitas dan diversifikasi produk pangan lokal. Pihak RSUD dan Puskesmas juga diminta agar menggunakan pangan lokal bernilai gizi dan protein tinggi sebagai makanan pasien.

Seluruh penyuluh pertanian, perikanan, kesehatan, koordinator dan pendamping desa, penyuluh KB dan PKH juga diminta untuk melakukan sosialisasi dan desiminasi pentingnya ketahanan pangan desa berbasis pangan lokal untuk mengurangi konsumsi beras dan gula sebagai pengendalian penyakit diabetes.

Para seluruh ASN, pemuka agama, tokoh masyarakat, ibu rumah tangga, dan seluruh keluarga untuk mengurangi konsumsi beras dan gula pada setiap acara kemasyarakat dan keluarga. Seluruh usaha kos-kosan, penginapan dan hotel, kios, toko, restoran agar menggunakan 70% pangan lokal sebagai konsumsi utama dan pengembangkan diversifikasi pangan lokal.

Pihak sekolah baik negeri dan swasta pada seluruh tingkatan agar menggunakan produk pangan lokal dan melakukan sosialisasi dan desiminasi pentingnya produk pangan lokal kepada guru dan tenaga didik (siswa). Pemerintah Daerah akan menjamin stock dan harga pangan lokal sekaligus menetapkan setiap hari Jumat sebagai Hari “Konsumsi Pangan Lokal dan Hari Bebas Nasi dan Gula”.

Agar ketentuan berjalan efektif dan menjadi komitmen bersama, pemerintah akan melakukan sidak secara acak kepada satuan kerjanya, serta usaha swasta dalam wilayah Kabupaten Halmahera Tengah. Demikian edaran ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian dan komitmen bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *