Kapolda Malut Tutup Pendidikan Bintara POLRI di SPN Sofifi

  • Share

Sofifi-TeropongMalut.com, Sebanyak 266 anggota Pendidikan Pembentukan Bintara (DIKTUBA) Polri tahun 2021 resmi dilantik oleh Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin S.I.K. Rabu (22/12/21) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku Utara di Sofifi.

Kegiatan penutupan dan pelantikan bintara remaja polri di SPN Polda Malut di Sofifi itu Kapolda Malut membacakan sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listiyo Sigit Parbowo, M.Si, yang dibacakan oleh Kapolda Malut.

Mengawali amanat ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas diberikannya kesehatan, sehingga kita semua dapat hadir dalam upacara penutupan Bintara Polri  tahun anggaran 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19.

“Upacara pada hari ini telah  menandai seluruh rankaian kegiatan pendidikan dan pelatihan bintara polri tahun anggaran 2021 yang diselenggarakan Dis Polwan, pusdik Brimob, pusdik Shabara, pusdik Binmas, Pusdik Polair Lemdiklat Polri, dan seluruh SPN POLDA,” ujar Kapolda Malut.

“Dengan demikian, hari ini telah bertambah lagi bintara polri sebanyak 15.526 personil, yang terdiri atas 14.772 polisi laki -laki, dan 754 polisi wanita yang disiapkan guna meningkatkan kinerja organisasi polri yang semakin optimal,” jelasnya.

Lanjut Kapolda, pada kesempatan yang berbahagia ini selaku kepala lembaga dan pelatihan polri mengucapkan selamat kepada  para bintara  remaja polri yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama lima bulan dengan baik, dan  hari ini secara resmi saudara dilantik menjadi anggota polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (BRIPDA).

“Hari ini telah melekat pada diri saudara tugas dan kewajiban sebagai byangkara negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakan hukum yang adil guna memelihara keamanan  dan ketertiban masyarakat yang amanah yang selalu saudara ingat dan junjung tinggi dan melaksanakan sepenuh hati, penuh dengan kebanggaan, kehormatan, serta berbuat yang terbaik,” harap Kapolda.

Setelah ini saudara sekalian akan ditempatkan diseluruh penjuru indonesia dan alan menjadi garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Olehnya itu, bulatkan tekad dan semangat motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi polri , masyarakat, banhsa, dan negara.

Ucapkan selamat Irjen Pol  Risyapudin  Nursin, S.I.K, kepada orang tua atas keberhasilan putera-puterinya menjadi bintara remaja polri yang baru saja di lantik. Keberhasilan saudara merupakan perjuangan yang panjang  doa orang tua dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena itu jangan disia-siakan usaha perjuangan dan cita – cita  yang saudara raih.

Pelantikan dan penutupan ini bukan ahir dari  dari perjalanan, akan tetapi awal dari pengabdian byangkara muda.

Kalian akan berhadapan dengan dinamika tugas yang penuh dengan tantangan, dan harus mampu untuk menempatkan diri dan adabtasi sesuatu apapun, jangan muda terbawa arus yang dapat menjerumuskan kalian. Dan jadikan hari ini sebagai langkah awal menuju tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Sementara itu, kemajuan teknologi saat ini telah merubah landscape kehidupan masyarakat menjadi lebih terbuka, tanpa batas dan serba cepat.  Globalisasi  dengan revolusi industri 4.0, digitalisasi, dan kejahatan yang memanfaatkan kemajuan IT atau syber cream mentut polri untuk terus beradaptasi belajar  dan terus belajar guna meningkatkan kemampuan yang unggul di era priode 4.0.

Kita juga dihadapkan pandemic Covid-19 yang belum berahir dan kehidupan new normal menuntut setiap orang menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk itu, jadilah pelopor dan teladan dalam mengelorakan prokes dimanapun berada.

Dan kita juga berada di era demokratisasi  alam demons dan kratos dimana kekuasaan di tangan rakyat, dan rakyat memegang kekuasaan tertinggi di negeri ini. Maka polri bukan hanya sekedar dituntuk untuk mendapat kepercayaan saja dari rakyat atau publik trust.

Akan tetapi lebih dari itu, tingkat kepercayaan rakyat harus tinggi kepada polisinya publik konfiden, dan kuncinya adalah polri harus menyiapkan SDM  sebagai alat dan kekuatan utamanya yang unggul, kreatif, dan inovatif bertugas yang humanis serta menghargai hak asasi manusia, menghindari perbuatan tercela dan tindakan tercela yang menyakiti hati rakyat.

Polri memerlukan personil yang berkualitas yang unggul guna mewujudkan bhayangkara negara yang presisi prediktif, memiliki responsibiliti, dan mampu mewujudkan transparansi berkeadilan sebagaimana arahan dan kebijakan yang telah ditentukan oleh kapolri jenderal Drs. Listiyo Sigit Prabowo, M.Si.

Beberapa penekanannya harus di pedomani dan dilaksanakan oleh para bintara remaja polri sebagai bekal memasuki tugas dilapangan:
1. Tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas
2. Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai TRIBRATA dan CATUR PRASETYA dalam setiap langka pengabdian sebagai insan bhayangkara, jaga nama baik polri, dan junjung tinggi panji-panji TRI BRATA.
3. Pahami dengan baik dan laksanakan tugas  dengan sunguh-sunguh, penuh keihklasan, tanggungjawab, semangat berbuat terbaij, dan riang gembira.
4. Jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat.
5. Bangun komunikasi positif santun dengan masyarakat serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, PEMDA, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara  stabilitas  kamtibmas yang kondusif.

Sementara itu jumlah siswa diktuba yang dilantik menjadi anggota polri tahun anggaran 2021 sebanyak 266 dari SPN POLDA Malut sebanyak 231 dan pengiriman dari SPN POLDA Papua Barat sebanyak 35 orang.

Acara tersebut di hadiri ole gubernur maluku utara KH. Abdul Gani Kasuba, Kapolda Malut Irjen Risyapudin Nursin, S.I.K, Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim SH. MH, Karo SDM Polda Malut, Kepala BNN Malut , Kepala Basarnas Maluku Utara,  Ka SPN polda Malut AKBP  Rustanto,  Waka SPN Polda Malut Kompol  Ir. D.Pattiyasina ST, M.Si, Pejabat utama TNI AD, TNI AL, Kapolres Se kabupaten Kota, Pejabat Utama Polda Malut, pejabat Utama SPN Polda Malut, serta pengasuh, Instruktur, dan orang tua bintara byangkara muda, serta  para tamu undangan. jelasnya. (bur/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *