Kasrem 152/Baabulah Ternate Jadi Irup TMMD ke 116 Tahun 2023 di Halteng

Penulis : Odhe
Editor : Odhe

HALTENG, Teropongmalut.com Untuk mewujudkan  Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat, Kasrem 152/Baabulah Ternate Kolonel Inf. Ridwan Khoirul Anwar bertindak sebagai Inspektur Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116 tahun 2023 yang berlangsung di desa Wailegi Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah Rabu, (10/05/2023) kemarin.

Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116 Tahun 2023 yang dipusatkan di desa Wailegi bertajuk “Sinergi Lintas Sektor Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”.

Penandatanganan Kerjasama TMMD Bersama Pemkab Halteng

“Tujuan program TMMD ini untuk membantu Pemda dalam percepatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik. Dalam memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh,” jelas Dandim 1512/Weda Letkol Inf. Arh.Ali Akbar yang juga sebagai Dansatgas saat melaporkan kepada Inspektur upacara.

Foto usai pelaksanaan upacara TMMD

Pekerjaan TMMD kali ini adalaha pembangunan Fisik, berupa, pekerjaan MCK Sekolah SD 1 Unit. Rehabilitasi Tempat Wudhu Masjid 1 Unit, Penimbunan Bahu Jalan P.150 MX L.80 cm, dan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 30 Unit. Untuk program Non fisik, adalah sosialisasi rekrutan menjadi Prajurit TNI AD, penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pencegahan dan penggunaan miras, penyuluhan tentang pemanfaatan lahan pekarangan, penyuluhan tentang penangan hama sexava, penyuluhan kesehatan lingkungan dan pengobatan gratis.,” tandasnya.

Sementara Inpektur Upacara Kasrem 152/Baabullah Kolonel Inf Ridwan Khoerul Anwar dalam membacakan sambutan Bupati menyampaikan, bakti TNI yang langsung menyentuh kebutuhan hidup masyarakat adalah program TMMD dengan melibatkan pemerintah daerah setempat selaku mitra kerja, dengan tujuan tercipta dan terbinanya ke manunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan nasional melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran dengan menggunakan sistem bottom up.

“Sistem ini dilaksanakan secara komprehensif dan integral, inilah bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan kebangsaan sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD seperti inilah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, data BPS perbulan Januari 2023 mencatat jumlah penduduk miskin sebesar 6.932 orang atau berkisar 12% Untuk itulah kita terus memfokuskan program penanggulangan kemiskinan di pedesaan dengan prinsip keroyokan melalui pendekatan holistik integratif tematik dan spasial.

“Tema program TMMD ini semakin kuat apa bila dikaitkan dengan kondisi daerah kita saat ini dengan telah datangnya investasi yang sangat besar di daerah ini. Maka sebagai pemerintah daerah saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjadikan investasi ini sebagai pembakar semangat untuk lebih maju dan berinovasi maka melalui TMMD ini mari kita gelorakan lagi semangat kolektivitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada. Mari kita bangun sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa,” pungkasnya.

Dia juga mengatakan, tidak hanya itu program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat meningkatnya kesehatan lingkungan, dan memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA radikalisme terorisme dan intoleransi, yang tidak kalah penting kita harus mendorong dan mendampingi masyarakat Desa agar berkreasi serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi desa agar lahir startup wirausaha sehingga Masyarakat Desa makin Sejahtera.

“Melalui TMMD ini mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, dan pengangguran. Kita ingin Desa-Desa di Halmahera Tengah makin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya, Desanya maju fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya komplit SDM yang makin berkualitas unggul mandiri punya spiritualitas tinggi tidak ada narkoba kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat dan kokoh,”tutupnya.

Turut hadir antaranya, Mewakili Pj. Bupati Halteng Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Halteng Ahmad H. Bayan, Kadis Perikanan, Kadis Perkim, Kasatpol PP, dan Kaban Kesbangpol, Kejari Halteng, Kapolsek Patani, bersama Pemdes setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *