Kenapa Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangowo Morotai Tanpa Dokter Gigi dan Umum

Morotai. Teropong Malut – Pasca berakhirnya masa kontrak kerja dua orang dokter baik dokter gigi, maupun dokter umum di Puskemas Sangowo Pulau Morotai Maluku Utara, mengakibatkan kurang maksimalnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sangat di butuhkan. Akibat terjadi kekosongan dokter gigi maupun umum, dikeluhkan pasien yang ingin berobat di Puskemas Sangowo. Kamis (14/12/23).

Puskesmas Sangowo beralamat di desa Sangowo, Kec. Morotai Timur, Kab. Morotai, Maluku Utara, merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama dengan pelayanan BPJS dengan Kode Puskesmas : P8207020201 Tipe Puskesmas, Non Rawat Inap.

Keluhan pelayanan kesehatan ini, dilontarkan salah seorang pasien warga masyarakat dari desa sekitar yang tidak mau disebutkan namanya, ingin berobat dan mendapat pelayanan dari dokter umum terkait keluhan kesehatannya yang terganggu. “Saya ingin berkonsultasi mengenai permasalahan kesehatan saya di dokter puskesmas, namun sayangnya dokternya belum ada”. Keluhannya seorang pasien.

Hasil konfirmasi awak media kepada kepala Puskesmas Sangowo Pulau Morotai Ismail Pina belum terhubung dengan baik lewat kontak telpon selulernya masih berada di luar jangkauan, red.

Bendahara Puskemas Sangowo Morotai timur pulau Morotai, Muhammad Irwan Manake, M.Kep. membenarkan. “Untuk sementara ini dokter gigi maupun dokter umum di puskesmas tidak lagi bertugas karena masa kontrak kerja telah berakhir”. Pungkas Irwan Manake biasa di sapa An.

Sementara itu kepala urusan Kepegawaian Puskemas Sangowo, Zulfikar Sibua menegaskan. “Saat ini pihak Puskemas Sangowo lagi menghubungi dan berkonsultasi di beberapah rumah sakit terkemuka baik di Ternate dan Manado in Syah Allah, dalam kurun waktu yang singkat Puskemas Sangowo Sudah punya dokter gigi dan dokter umum sehingga pelayanan untuk pasein di puskesmas berjalan sebagaimana biasanya apalagi puskemas sebagai pusat pelayanan kesehatan maka kebutuhan dokter itu sangat penting”. Tutur Zulfikar Sibua.

Zulfikar Sibua kepala urusan kepegawaian Puskesmas Sangowo Morotai Timur Pulau Morotai, menyampaikan permohonan maaf atas ketidak nyamanan pelayanan pihak Puskemas Sangowo disebabkan karena tidak ada dokter gigi dan dokter umum di puskemas sangowo.

Foto : Irwan Manake Bendahara Puskesmas Sangowo Pulau Morotai.

Sementara kekecewaan ini dilontarkan juga kepada bendahara Puskemas Sangowo. Irwan Manake, karna terkesan hanya adem adem saja, ungkap Zulfikar Sibua dengan rasa kesal.

Awak media lantas mengkonfirmasi salah satu mantan dokter terlama yang pernah bertugas di Puskemas Sangowo, yaitu dr Wilson Kaban, yang merasa sedih karna sudah tidak lagi bertugas di sana, tapi sudah di tempatkan kembali bertugas di KSUP Prof. dr. R.D Malalayang Manado Sulawesi Utara, iya berharap ada dokter lain yang bisa bertugas di puskesmas Sangowo untuk bisa membantu masyarakat disana.

Walau ada kekecewaan terkait lambatnya langkah antisipasi ketersediaan kebutuhan dokter, namun bagi Irwan Manake, selaku bendahara puskesmas Sangowo berharap agar dinas Kesehatan Pulau Morotai, terutama PJ bupati Pulau Morotai M. Umar Ali, SE. Agar segera mencari solusi biar lebih cepat mengisi kekosongan dokter yang sangat dibutuhkan keberadaannya bagi masyarakat. (Ts/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *