Korda Bansos Pangan Halsel Apresiasi Pemkab Halsel Distribusikan Beras ke KPM

  • Share

Halsel-TeropongMalut.com, Koordinator daerah Bantuan sosial pangan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Yuslin Rumpai, mengapresiasi langkah yang diambil Pemkab Halsel untuk menyalurkan bantuan sosial beras kepada warga Halsel ekonomi lemah pada Rabu (04/08).

Dalam penyaluran Bansos beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kata Yuslin, sebagaimana laporan Kadis Sosial Kabupaten Halmahera Selatan Jusmin Dahlan, menyampaikan bahwa bantuan beras pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau nama lain yang disebut dengan BB-PPKM adalah bantuan tambahan pemerintah kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) dan keluarga penerima manfaat bantuan sosial tunai (BST) sebesar 10 KG/KPM yang di berikan sekali pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Bantuan pemerintah lanjut Kadinsos Jusmin, dalam bentuk beras sebesar 10 kg/KPM bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran ekonomi masyarakat miskin  dalam upaya pemberian gizi yang seimbang untuk menekan masalah stunting di kabupaten halmahera selatan khususnya pada masyarakat yang miskin dan rentang miskin.

“Upaya pemerintah dalam mempertimbangkan masalah kesehatan masyarakat dan ekonomi untuk masyarakat yang lemah agar di perkuat dengan bantuan pemerintah secara langsung tanpa ada pungutan. Agar bantuan ini benar-benar bisa sampai ke penerima berbasis data, maka di perlukan upaya pendampingan pada titik-titik bagi di 249 desa se kabupaten halmahera selatan,” kata Yusmin.

Dinas sosial lanjut Yusmin akan mengarahkan seluruh sumber daya manusia kesejahtraan sosial untuk mengawal dan mengontrol distribusi beras yang di lakukan oleh PT. bulog yang telah bekerjasama dengan PT. POS Indonesia dan siap menerima pengaduan masyarakat untuk ditindaklanjuti dalam proses penyelesaian masalah dengan berpijak pada norma hukum yang berlaku di negara ini.

“Berikut ini kami sampaikan jumlah penerima dari KPM BST sebanyak 2070 KPM dengan jumlah beras sebanyak 20.700 KG sedangkan KPM PKH 5.350 KPM dengan jumlah beras sebanyak 53.500 KG total penerima KPM BST dan PKH=7.420 KPM dengan total jumlah Beras BB-PPKM=74.200 KG (Tuju Puluh Empat Ton Dua Ratus Kilogram),” kata Yusmin mengakhiri laporannya. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *